ITB dan Mitsubishi pamerkan mobil listrik

Jumat, 30 November 2012 20:04 WIB | 5.781 Views
ITB dan Mitsubishi pamerkan mobil listrik
Seorang model berada di depan mobil listrik keluaran Mitsubishi, di arena Pameran Otomotif Surabaya (POS) di Gramedia Expo Surabaya, Rabu (30/11). Varian mobil listrik jenis city car yang dinamakan 'MIEV (Mitsubishi Innovative Electric Vehicle)', yang merupakan mobil ramah lingkungan tersebut, dijual dengan harga sekitar Rp600 juta dan hanya ada dua di Indonesia. (FOTO ANTARA/Eric Ireng)
Bandung (ANTARA News) - Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Mistsubishi memamerkan produk innovatif mobil listrik di ajang Indonesia Japan Innovative Convention (IJIC) 2012 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB Kota Bandung, Jumat.

Mobil listrik buatan ITB dipamerkan di sayap kanan Sabuga ITB yang menjadi ajang pameran inovasi Indonesia Jepang. Kendaraan listrik berwarna putih karya ITB itu berkapasitas empat penumpang serta bak terbuka pada bagian belakangnya.

Kendaraan yang dirancang untuk angkutan keluarga di dalam kota itu memiliki spesifikasi khusus dan menjadi alat transportasi praktis di jalan datar di kota-kota di berbagai daerah.

Selain itu dipamerkan pula sejumlah miniatur dari varian mobil listrik buatan ITB tersebut.

Mobil listrik buatan ITB dengan MIEV produksi Mitsubishi itu dipamerkan sebagai `ikon` program inovasi yang akan dikolaborasikan antara Indonesia dan Jepang di masa depan sebagai mitra sejajar.

Sementara itu produsen otomotif Jepang, Mitsubishi memamerkan mobil listrik "Miev" yang berukuran kecil untuk empat penumpang. Miev adalah kepanjangan dari Mitsubishi Innovative Electric Vehicle.

Kedua mobil listrik itu digerakan dengan tenaga baterai melalui sistem pengisian ulang. Perusahaan otomotif itu juga memamerkan SPBU listrik untuk pengisian listrik mobil elektrik itu.

Bahkan sebagian pengunjung berkesempatan melakukan pengujian mengendarai mobil itu di seputar halaman Sabuga ITB yang menjadi ajang kegiatan IJIC 2012.

Ketua Umum IJIC 2012, Prof Dr Suhono H Supangkat menyebutkan, mobil listrik merupakan salah satu produk inovasi yang menjadi primadona di masa depan dalam rangka pengembangan alat transportasi ramah lingkungan.

"Mobil listrik merupakan bagian dari masa depan, teknologinya terus dikembangkan. Salah satunya adalah pengembangan teknologi baterai yang memungkinkan kendaraan itu bisa dimanfaatkan secara maksimal," kata Suhono H Supangkat menambahkan. (S033/Y008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Warga Tiongkok, yang identik sebagai penabung dan enggan berutang, mulai menyambut terbuka ide meminjam uang untuk membeli mobil, sejalan dengan upaya ...
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan skutik edisi spesial Suzuki Address Black Predator menyusul kesuksesan Suzuki All New Satria F150 seri Black ...
Produsen ban PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengumumkan bahwa Bridgestone Ecopia EP150 dan Turanza ER33 menjadi ban standar atau ...
Saat Pittsburgh, Amerika Serikat, bangun pada Rabu pagi, beberapa warganya akan punya pimihan untuk bepergian menggunakan mobil Uber yang bisa mengemudi ...
Agen tunggal pemegang merek Nissan dan Datsun di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia, pada Jumat (9/9) mulai merealisasikan renovasi lapangan sekolah dan ...