Mobil India Tata Nano masuk Indonesia tahun ini

Kamis, 19 Januari 2012 16:47 WIB | 0 Views
Mobil India Tata Nano masuk Indonesia tahun ini
Tata Nano, salah satu mobil buatan Tata Motors, India. (tatamotors.com)
Jakarta (ANTARA News) - Mobil murah asal India, Tata Nano, dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia pada tahun ini.

"Mobil ini akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia dalam pameran otomotif tahun ini," Duta Besar India untuk Indonesia, Biren Nanda, di Jakarta, Kamis.

Mobil tersebut, lanjut Biren, dijual di negeri asalnya India dengan harga setara Rp25-30 juta. "Namun saya tidak tahu pasti berapa harga mobil itu di Indonesia," tambah Biren.

Biren mengatakan mobil tersebut tidak hanya murah, tetapi sudah menerapkan teknologi tinggi. Mobil ini diperuntukkan bagi keluarga kecil karena mempunyai kapasitas empat penumpang.

Pabrikan mobil murah itu, Tata Motors, sebelumnya juga telah meriset pasar dan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Perusahaan Tata Motors saat ini tengah merancang kantor dan pabrik mobil itu. Jadi mobil yang dijual bukan mobil jadi melainkan dirakit di Indonesia," kata dia lagi.

Tata Nano juga menggandeng perusahaan lokal di Indonesia dan sudah mencapai kesepakatan.. Tata Nano akan menjadi merek pertama India yang memasarkan produknya ke Indonesia.

Sebelumnya, dikabarkan Tata Nano akan masuk dan membuka pabrik di Indonesia pada 2013. Pabrik ini bisa memproduksi hingga 50 ribu unit per tahun. Selain Tata Nano, Tata Motors juga berniat merakit mobil niaga seperti Tata Ace.

Mobil mungil asal India ini sudah diekspor ke Sri Lanka untuk dijadikan taksi. Namun harganya langsung melonjak naik hingga hampir tiga kali lipat, akibat tinggi pajak di negeri itu.

(I025)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Asuransi Astra meluncurkan layanan baru bernama Garda Oto Digital, layanan asuransi kendaraan bermotor yang bisa dibeli secara online. Peluncuran Garda ...
Produsen ban asal Prancis, Michelin, masih fokus untuk memperkenalkan dan membangun brand mereka kepada calon konsumen di Indonesia, kendati sudah masuk pasar ...
Yamaha menggelar perayaan satu dekade Yamaha Vixion dengan menggelar jambore yang diramaikan ribuan anggota komunitas dan konsumen di Rizen Kedaton Gunung ...
Di sela kunjungan kerjanya ke Jepang, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengadakan pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko ...
Toyota Motor Corporation mengungkapkan sebuah konsep bus bertenaga fuel cell yang diberi nama Sora.Teknologi fuel cell menggunakan alat konversi energi ...