Tangerang, Banten (ANTARA) - Pereli Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis tim balap "Xpander Rally Team (XRT)" pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang, Minggu (21/7).

Rifat yang bakal duduk di balik kemudi Xpander Rally Team bersama navigator M Redwan, mengatakan melalui konsep ini, membuktikan bahwa Xpander adalah kendaraan yang multifungsi.

"Lebih dari pada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4," terang Rifat di GIIAS 2019, Minggu.

Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat melihat sasis yang digunakan Xpander mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X, menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling itu bukan tanpa alasan, karena Xpander AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

"Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” tambah Rifat.

Rifat menerangkan jika AP4 adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan," kata suami Sissy Priscillia itu.

MMKSI bersama Rifat memiliki misi mengembalikan kejayaan reli Indonesia. Selain itu, Xpander Rally Team diharapkan menjadi ajang pembuktian Xpander bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan kendaraan atraktif yang bisa digunakan dalam kondisi berbeda-beda.

Jadwal event Xpander Rally Team:

1 NZRC Goldrush Rally of Coromandel 16-17 Agustus Moewai Park Whitianga, New Zealand
2 Kejurnas Sprint Rally Putaran 2 7-8 September Serang, Banten
3 Meikarta Sprint Aspal 28-29 September Meikarta, Jawa Barat
4 Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 19-20 Oktober Jambi
5 Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 26-27 Oktober Jambi
6 Kejurnas Sprint Rally Putaran 5 7-8 Desember Jawa Barat

Spesifikasi singkat:

Mesin: Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)
Horse Power: 350 HP
Torsi: 410 ft/lbs
Wheels: 15 x 7 Speedline
Ban: Dellium RG4
Weight Distribution: 55/45



Baca juga: Indonesia bakal semakin penting sebagai basis bisnis Mitsubishi Motors

Baca juga: Pesan Ringgo dan Sabai untuk keluarga muda yang mau beli mobil

Baca juga: Xpander AP4, mobil penumpang untuk balap reli

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019