Tangerang (ANTARA) - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2019 menghadirkan berbagai mobil ramah lingkungan menyusul permintaan Kementerian Perindustrian tentang pengembangan mobil listrik.

Dari mobil bertenaga listrik hingga mobil berteknologi hybrid yang menggabungkan bahan bakar fosil dan tenaga listrik melalui baterai terpampang dalam pameran tahunan itu.

Sederet nama pabrikan otomotif besar dunia seakan tidak ingin ketinggalan memajang mobil-mobil ramah lingkungan dalalm GIIAS 2019. Berikut adalah daftar mobil-mobil ramah lingkungan yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2019.

BMW i8 Roadster
BMW i8 Roadster (ANTARA/Yogi Rachman)


Mobil listrik hibrida berdesain futuristis BMW i8 Roadster ikut ambil bagian dalam ajang GIIAS 2019.

BMW i8 Roadster menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc tiga silinder TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 231 HP.

Mesin tersebut jika dipadukan dengan motor listrik akan menghasilkan tenaga hingga 374 HP dan torsi sebesar 420 Nm.

BMW i3S
BMW i3S (ANTARA/Galih Pradipta)


Selain seri i8 Roadster, BMW Group of Indonesia meluncurkan New BMW i3s sebagai mobil berteknologi listrik yang dibanderol dengan harga Rp1,299 miliar off-the-road.

Mesin listrik yang digunakan BMW i3s mampu menyuplai tenaga sebesar 137 Kw atau setara dengan 184 tk. Sementara untuk torsi maksimal mencapai 269 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan model sebelumnya.

BMW i3s diklaim mampu melesat dari kecepatan nol sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 6,9 detik. Sedangkan untuk urusan perangkat hiburan, tersedia iDrive BMW, sistem navigasi, sampai fitur Apple CarPlay, dan Android Auto.

Mercedes-Benz E 300 e
Mercedes-Benz E 300 e (ANTARA/Galih Pradipta)


Selain BMW, pabrikan lain Jerman, Mercedes Benz, meluncurkan model plug-in hybrid pertamanya di Indonesia, yaitu E 300 e EQ Power dan sudah dapat dipesan di dealer resmi dengan harga Rp1,899 miliar off-the-road. Mobil itu dijadwalkan dapat dikirim pada kurtal ke-4 2019.

E 300 EQ Power terbaru mengusung mesin bensin 2.0 turbocharged yang mampu menghasilkan 211 hp dan torsi 350 Nm dengan modul hybrid bertenaga listrik 122 hp torsi 440 Nm. Gabungan kedua sistem tenaga itu menghasilkan output 700 Nm.

Mobil hybrid itu mengonsumsi bahan bakar mencapai 1.8 l/100 km pada kombinasi kedua sistem dengan emisi gas buang 41g CO2/km. Kendaraan itu diklaim mampu melakukan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 5,7 detik dan mampu mencatat kecepatan tertinggi 250 km/jam.

DFSK Glory E3
DFSK Glory E3 (ANTARA/Yogi Rachman)


Produsen mobil asal China Dongfeng Sokonindo (DFSK) memamerkan mobil listrik Glory E3 di GIIAS 2019. Mobil berdesain sport utility vehicle (SUV) itu sebelumnya telah tampil perdana pada Shanghai Auto Show 2018.

Sistem penggerak yang dipakai Glory E3 adalah motor listrik dan baterai dengan jarak tempuh 405 kilometer berkat kapasitas baterai 52,56 kwh yang disandingkan dengan motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous Motor.

Untuk pengisian baterai, Glory DFSK E3 hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mencapai 80 persen daya baterai dengan menggunakan teknologi fast charging.

Renault Twizy
Renault Twizy (ANTARA/Galih Pradipta)


Renault melalui PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) menghadirkan mobil listrik ke Indonesia, yaitu Renault Twizy pada ajang GIIAS 2019.

Twizy hadir dengan desain unik berbodi futuristik dan elegan. Kendaraan dengan empat roda itu hanya dapat diisi dua orang saja dan menjadi brand carrier Renault di Indonesia.

Renault Twizy dibekali motor listrik berdaya empat kW. Baterai lithium ion dengan kapasitas mencapai 6,1 kWh dapat menempuh rata-rata 60-80km perjalanan dalam sekali pengisian. Pengisiannya baterai itu membutuhkan waktu tiga jam hingga baterai penuh.

Daihatsu HYFun
Daihatsu HYFun (ANTARA/Galih Pradipta)


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan prototipe mobil masa depan. Mobil berstatus "world premiere" itu menjadi model baru yang dipamerkan pabrikan asal Jepang itu karena baru pertama kali ditampilkan dalam GIIAS 2019, yaitu Daihatsu HYFun.

HyFun didesain oleh Dahatsu menggunakan bumper depan dengan desain tajam yang dikombinasikan dengan model gril bertingkat layaknya Xenia facelift. Daihatsu juga memberikan sentuhan warna biru pada tiap ruas gril guna menegaskan teknologi hibrida yang digunakan.

Bila dilihat dari samping, terlihat tampilan mobil sport utility vehicle dengan atap yang tinggi dan melandai di bagian belakang. Menariknya, sistem buka tutup pintu pada baris pertama dan kedua cukup unik karena harus digeser yang berlawan arah. Sistem pintu itu membuat kabin sangat terasa lapang ketika kedua pintunya dibuka lebar.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV (ANTARA/Yogi Rachman)


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicles) untuk masyarakat Indonesia. Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) berteknologi hibrida ini dihargai Rp1,289 miliar.

Outlander PHEV mengusung mesin 2.400 cc memiliki tenaga sebesar 99 Kw atau 132 tk dengan torsi puncak 211 Nm. Sedangkan motor listrik pada penggerak roda depan mampu menghasilkan daya 60 kw dengan daya jelajah 45 kilometer.

Sementara pada bagian belakang mampu menghasilkan daya yang sedikit lebih besar, yakni 70 kw atau sekitar 93 tk. Terkait pengisian daya mobil, pengendara bisa melakukan dengan dua cara yaitu Regular Charging dan Quick Charging.

Toyota C-HR Hybrid
Toyota C-HR Hybrid (ANTARA/Yogi Rachman)


PT Toyota-Astra Motor resmi meluncurkan kendaraan ramah lingkungan, CH-R Hybrid di Indonesia, yang akan dipasarkan mulai Rp523 juta.

C-HR Hybrid menggunakan teknologi Toyota Hybrid dengan dua motor penggerak yaitu Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik. Model itu memakai mesin 2ZR-FXE dengan power 100 PS yang dikombinasi motor listrik berkekuatan 36 PS.

Sebagai kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan, konsumsi bahan bakar C-HR Hybrid diklaim lebih efisien 62 persen dibandingkan varian konvensional sehingga emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60 persen.

Toyota Camry Hybrid
Toyota Camry Hybrid (ANTARA/Yogi Rachman)


Selain CH-R Hybrid, Toyota turut memamerkan Camry Hybrid dalam ajang GIIAS 2019. Camry Hybrid menggunakan mesin konvensional 4-silinder inline 2.487 cc dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 ps serta torsi 220 Nm di mesin konvensional dan 202 Nm dari motor listrik. Toyota Camry Hybrid dibanderol dengan harga Rp809,4 juta (OTR Jakarta).

Toyota Alphard Hybrid
Toyota Alphard Hybrid (ANTARA/Yogi Rachman)


Toyota Alphard Hybrid seakan tidak ingin tertinggal dipamerkan dalam ajang GIIAS 2019. Mobil itu menggunakan teknologi hibrida yang menggabungkan motor listrik dengan mesin bensin 2.494cc dual VVT-i sehingga menjadi lebih efisien daripada tipe sebelumnya.

Toyota Alphard Hybrid juga ditopang performa maksimal dengan sistem penggerak empat roda. Dua Motor listrik yang disematkan pada roda belakang akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil membutuhkan akselerasi, tenaga besar pada tanjakan, atau untuk memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

Hino Dutro Hybrid
Hino Dutro Hybrid (ANTARA/Yogi Rachman)


PT Hino Motors Sales Indonesia menampilkan kendaraan truk Hino Dutro Hybrid di ajang GIIAS 2019. Hino Dutro Hybrid menggunakan diesel electric hybrid system yang diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar dengan angka 13,6 km per liter. Sistem hybrid bekerja saat deselerasi atau keadaan idle.

Hino Dutro Hybrid menggunakan mesin empat langkah segaris turbocharger intercooler NO4C fan kombinasi HV motor. Tenaga yang dihasilkan 148 Tk pada 2.500 rpm dengan torsi puncak 411,8 Nm pada 1.400 rpm.

Baca juga: Era mobil ramah lingkungan kian dekat, tapi kemana arahnya?
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019