Tangerang (ANTARA) - Kehadiran mereka dalam sebuah kegiatan seperti pameran otomotif dianggap menjadi daya tarik tersendiri, namun tidak sedikit juga yang memandangnya negatif. Ya, profesi mereka itu umumnya disebut sebagai usher.

Usher bertugas menjadi "pemanis" dari sebuah merek otomotif dan sering terlihat berdiri di samping kendaraan yang sedang dipamerkan. Paras yang cantik dengan balutan busana yang terkadang seksi menjadi citra yang melekat pada profesi usher.

Dalam sebuah pameran otomotif besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), para agen pemegang merek (APM) seakan berlomba-lomba menggunakan jasa usher sebagai brand ambassador dari produk yang dijualnya.

Untuk menjadi usher dari sebuah merek otomotif harus melalui serangkaian proses seleksi yang harus dilalui. Penampilan fisik yang cantik saja belum cukup untuk menjadi usher, namun juga dibutuhkan personal branding yang kuat serta wawasan yang luas khususnya bidang otomotif.

Seperti penuturan Nadine, salah satu usher yang bertugas di stan Suzuki pada penyelenggaraan GIIAS 2019. Dia mengatakan harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu mengenai dasar-dasar pengetahuan produk atau kendaraan yang sedang dipamerkan.
 
Seorang usher beristri di samping kendaraan yang dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)


"Kita di-training untuk tahu produknya juga seperti spesifikasinya apa saja, terus pertanyaan yang paling banyak ditanya orang kayak warna dan harga," kata Nadine yang sudah dua kali menjadi usher di ajang GIIAS.

Hal ini juga yang terkadang membuat sebagian orang salah kaprah menganggap usher dengan sebutan sales promotion girl (SPG). Padahal kedua profesi ini mempunyai tugas pokok yang berbeda.

Seorang usher tidak dituntut untuk menjual produk kepada pengunjung. Sedangkan SPG tugasnya menjual produk sehingga mendapatkan bonus dari hasil penjualan tersebut.

Baca juga: Ini bedanya usher dan SPG dalam pameran otomotif

Suka duka

Menjalani profesi sebagai usher dalam sebuah pameran otomotif besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, tentu memiliki berbagai kisah.

Seorang usher yang bertugas menjadi "pemanis" dalam sebuah pameran kerap diidentikkan dengan wanita cantik yang tak jarang mendapat banyak perhatian dari pengunjung.

Mulai dari yang hanya sekadar bertanya mengenai produk, meminta berfoto bersama, hingga sampai ada yang mengajak berkenalan sudah menjadi risiko seorang usher.

Pengalaman inilah yang selalu dirasakan oleh Ajeng Kurnia, gadis cantik yang bertugas sebagai usher di stan Daihatsu pada penyelenggaraan GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang.

"Dukanya jadi usher paling capek. Terus juga ada aja konsumen yang agak genit. Ada yang deketin terus minta nomer handphone tapi enggak saya kasih," kata Ajeng Kurnia yang sudah tiga kali menjadi usher di GIIAS.

Menyikapi hal tersebut, Ajeng mengaku sering menolak permintaan pengunjung yang menanyakan nomor teleponnya. Tentu dengan cara yang baik agar tidak menyakiti hati pengunjung tersebut.

"Paling kita nolak secara halus aja. Misalnya kayak 'maaf pak kita lagi kerja dan enggak boleh kasih kontak ke orang'," kata dia.
 
Salah seorang Usher berdiri di samping kendaraan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7). (ANTARA/Yogi Rachman)

Tak hanya sering menjadi sasaran modus pengunjung pameran, seorang usher juga harus menjalani tugas mendampingi produk yang dijual hingga berjam-jam. Bahkan, salah satu usher bernama Uli harus melakukan tugasnya berdiri selama 10 jam dalam sehari.

"Aku kerja long shift 10 jam, istirahat dikasih dua jam setiap seperempat jam sekali, jadi dua kali istirahat," kata dia saat ditemui di stan Isuzu.

Agar tetap prima dalam menjalankan tugas, Uli mengaku harus pandai mengatur waktu istirahat dan selaku rajin mengonsumsi vitamin agar kejadian tidak mengenakan saat dirinya terpaksa dirawat akibat kelelahan tidak terulang.

"Aku pernah dirawat juga karena kecapean sampai tipes. Tapi enggak kapok dengan pekerjaan ini," ujar Uli.

Meski demikian, Uli mengatakan menjadi usher juga bisa bertemu banyak orang baru, dan membuatnya bisa tahu bermacam tipe orang. Dia juga bisa menemukan relasi baru dari pengalamannya bekerja sebagai usher di pameran otomotif.

Bayaran menggiurkan

Seorang usher yang bertugas di pameran otomotif dalam sehari rupanya juga mendapatkan bayaran atau gaji yang sangat menggiurkan selama berlangsungnya acara.

Ajeng Kurnia mengaku bisa mendapatkan bayaran berkisar hingga Rp1 juta dalam sehari bertugas sebagai usher.

"Kalau gaji sehari tergantung brand. Rate-nya dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta lebih per shift. Tapi kita enggak ada bonus, mungkin kalo SPG ada bonusnya," kata Ajeng saat ditemui di stan Daihatsu dalam ajang GIIAS 2019.

Meski pekerjaan usher selalu diidentikkan dengan wanita cantik dan berpakaian seksi, namun tidak membuat Ajeng malu menjalankannya.

Selain mendapat gaji yang besar jika dibandingkan bekerja formal di kantor, pekerjaan ini juga membuatnya bisa bertemu orang-orang baru.

"Lebih enak usher dari sisi bayaran jujur aja. Kan kalau gaji kantoran misalnya Rp4 juta per bulan, kalau usher itu satu event atau berapa hari aja sudah sama dengan gaji sebulan kerja kantoran," kata Ajeng yang sebelumnya pernah lama bekerja kantoran.
 
Usher berdiri di samping kendaraan yang di pamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)


Pendapat sama juga diungkapkan oleh Uli. Dalam sehari, dia mengaku bisa mendapatkan bayaran yang lumayan selama penyelenggaraan GIIAS meski hanya menyebutkan kisaran angkanya saja.

"Bayarannya bisa dari Rp2 juta sampai Rp2,5 juta sehari, jadi tinggal dikalikan saja berapa hari selama event," imbuhnya.

Gadis yang masih berstatus mahasiswi akademi pariwisata itu mengatakan gaji yang diterimanya menjadi usher juga dimanfaatkan untuk membantu biaya kuliah.

"Walaupun aku pernah dirawat juga karena kecapean sampai tipes. Tapi enggak kapok karena lumayan bayarannya bisa untuk biaya kuliah," ujarnya.

Baca juga: Berapa gaji usher di pameran otomotif?

Baca juga: Curahan hati Usher pameran otomotif, dimodusin sampai berdiri 10 jam
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019