Manokwari (ANTARA) - Komunitas motor trail bernama Waropen Lumpur Community menyusuri jalan Trans Papua-Papua Barat untuk menjumpai Gubernur Papua Barat , Dominggus Mandacan

Rombongan Touring Adventure dari Kabupaten Waropen, Papua ini, tiba di Manokwari, Papua Barat pada Minggu (14/7) dan disambut Gubernur Dominggus Mandacan, Senin.

Rombongan beranggotakan 33 pengendara ini melintasi darat dari Nabire-Teluk Wondama-Manokwari Selatan dan Manokwari dengan jarak tempuh sejauh 760 km  dalam waktu 3 hari.

"Dari Waropen kami naik kapal menuju Nabire. Dari Nabire baru kami menyusuri jalan darat melalui jalur trans yang dibangun pemerintah daerah," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Waropen Abu Bakar Koribima di Manokwari, Senin.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat menyambut rombongan mengaku kagum terhadap aksi komunitas ini. Selain itu, kegiatan yang dilakukan komunitas motor ini bisa dimanfaatkan sebagai media promosi daerah.

"Mereka ini tamu istimewa, anak-anak kita, adik-adik kita pencinta alam, pencinta lingkungan dari Waropen,’’ tutur Gubernur.

Perjalanan komunitas motor ini dipimpin oleh Melianus Aiwui yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Waropen.

Ia menyatakan, meskipun sudah terbuka, jalan tembus Papua-Papua Barat masih cukup banyak tantangan. Pada ruas Nabire (Papua)-Teluk Wondama (Papua Barat) terdapat 30 sungai yang harus dilalui.

"Motor dan mobil pembawa logistik harus berenang menyeberang sungai. Perjalanan kita cukup menantang dan puji Tuhan semua selamat dan bisa bertemu gubernur di Manokwari," kata dia.

Sementara pada ruas Wondama- Manokwari Selatan, lanjut Melianus, tidak banyak sungai dilalui, namun rombongan harus mendaki perjalanan terjal di daerah pegunungan dan perbukitan.

"Kalau Manokwari Selatan ke Manokwari jalannya semua sudah aspal. Sebetulnya mau mengambil jalur yang melalui Pegunungan Arfak tapi kami sudah kelelahan pada perjalanan sebelumnya,’’ sebut Melianus lagi.*


Baca juga: HUT Lanal Nunukan dimeriahkan ratusan pemotor trail petualang
Baca juga: Rider Indonesia akan berpetualang Jakarta-London sejauh 30ribu kilometer
 
Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019