Jakarta (ANTARA) - Van penumpang dari Mercedes Benz kini ditenagai baterai listrik dan menyandang nama baru, yakni eVito Tourer. Kendati demikian, kendaraan ini belum bisa didapatkan karena kendaraan ini baru diluncurkan untuk layanan berbagi kendaraan, Berlkonig, di Berlin, sebagai bentuk dari usaha patungan ViaVan yang juga beroperasi di Amsterdam, London dan Milton Keynes.

eVito Tourer baru kini dilengkapi dengan tenaga motor listrik yang menghasilkan 85 kW (116 PS / 114 hp) dan torsi 295 Nm (218 lb-ft). Fitur baterai 41 kWh yang dipasang di bagian bawah bodi, yang menawarkan jangkauan hingga 156-186 km (97-116 mil), dengan sekali pengisian daya, yang membutuhkan enam jam untuk pengisiannya.

Van listrik baru ini akan sanggup menampung hingga sembilan penumpang, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu dengan memilih dari beberapa varian tempat duduk, dan tersedia dalam dua dimensi yang berbeda (5.140 mm dan 5.370 mm - 202.4-211.4 in). Apa pun konfigurasi yang dipilih memiliki berat kotor maksimum adalah 3.200 kg (7.055 pon).

“Integrasi eVito Tourers pertama di dunia dalam armada kami adalah langkah lebih lanjut menuju tujuan kami bekerja sama dengan kota-kota dan penyedia angkutan umum untuk membuat mobilitas perkotaan lebih berkelanjutan," kata General Manager ViaVan Berlin, Valerie von der Tann yang diktuip dari CarsCoops, Minggu.

"Kami senang hari ini sudah lebih dari setengah armada kami di Berlin menggunakan tenaga listrik. Pada akhir tahun 2020, kami ingin melihat seluruh armada kami di Berlin dilengkapi dengan penggerak listrik,” tambahnya.

Selain dari dua versi eVito, Mercedes-Benz Vans akan memperluas portofolionya dengan eSprinter yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Selain itu, versi produksi Concept EQV, yang ditampilkan di Jenewa musim semi ini, akan diluncurkan di Frankfurt Motor Show pada bulan September.


Baca juga: Musk: Tesla mungkin tertarik garap van Sprinter bersama Mercy

Baca juga: VW kenalkan Buzz Cargo, van listrik canggih untuk bisnis
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019