Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil AS Ford Motor Company akan menjalin kemitraan baru dengan pabrikan Jerman Volkswagen melalui pembentukan usaha patungan yang bernilai investasi miliaran dolar demi pengembangan mobil otonom dan kendaraan listrik.

Kolaborasi baru yang meneruskan kesepakatan Januari itu akan diumumkan dalam jumpa pers yang dihadiri oleh CEO dan Presiden Ford Jim Hackett serta CEO Volkswagen AG Herbert Diess di New York, Jumat waktu setempat, demikian pernyataan resmi Ford, Jumat.

Kedua perusahaan itu belum bersedia memberikan penjelasan detil mengenai kemitraan mereka. Tapi, seorang eksekutifnya kepada NCBC mengungkapkan Volkswagen akan menyediakan Ford akses ke platform lusinan mobil listrik pabrikan Jerman itu yang akan dipasarkan dalam pertengahan dekade ke depan.

Baca juga: Tiga raksasa otomotif bentuk konsorsium keselamatan swakemudi

Volkswagen juga akan berinvestasi di Argo AI, perusahaan riset yang berbasis di Pittsburg dalam pengembangan kendaraan otonom. Ford telah menjadi pemimpin investor di Argo pada 2017 dengan total investasi mencapai satu miliar dolar AS.

Ford dan VW telah mendiskusikan cara-cara kerja sama dalam berbagai operasi bisnis selama lebih dari satu tahun. Pada Januari 2019. mereka mengumumkan kerja sama patungan yang fokus pada kendaraan komersial, termasuk pada model van Ford Transit.

Dalam kesempatan itu, pemimpin kedua perusahaan mengonfirmasi mereka sedang mencari peluang-peluang kerja sama lainnya.

Baca juga: VW dan Ford selangkah lagi bermitra kembangkan mobil swakemudi
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019