Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Calon haji tertua bernama Apliyah yang berusia 96 tahun siap berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji bersama 1.021 calon haji lainnya asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersilaturahim dengan 1.022 calon haji di pendapa Aria Wiraja pada Rabu (10/7), sebelum seluruh calon haji diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo pada Senin (15/07).

"Saya berharap agar jamaah calon haji Kabupaten Lumajang senantiasa diberi kesehatan, dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk dan menjadi haji mabrur," kata Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq.

Ia juga berpesan seluruh calon haji untuk selalu menjaga kebersamaan sebagai sesama jamaah haji dari Kabupaten Lumajang, saling membantu, dan saling merasa bagian dari keluarga bersama.

"Saya titip doa kepada jamaah haji agar Kabupaten Lumajang senantiasa dijadikan Kabupaten yang damai, aman dan sejahtera," ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Thoriq berharap jamaah calon haji juga berdoa agar dirinya bersama Wakil Bupati Lumajang dan jajaran pimpinan di Lumajang menjadi pemimpin yang amanah, yang dapat membawa perubahan Lumajang menjadi Kabupaten yang lebih maju.

"Mohon doakan kami, saya bersama ibu Wakil Bupati, seluruh forkopimda semoga selalu amanah, supaya dimudahkan dalam memimpin Kabupaten Lumajang," katanya.

Ia menjelaskan masih banyak persoalan maupun kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan, termasuk salah satunya penutupan tempat-tempat maksiat yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Saya berharap agar para calon haji dapat mendoakan kondisi Kabupaten Lumajang supaya diberikan ketentraman, kemakmuran dan terbebas dari tempat-tempat maksiat," katanya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Lumajang Muhammad Fachrurrozi menjelaskan sebanyak 1.022 calon haji asal Lumajang dibagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 25 dan kloter 26 masing- masing sebanyak 445 orang dan kloter 27 sebanyak 132 orang.

"Tahun ini, calon haji tertua berumur 96 tahun atas nama Apliyah asal Sumber Urip, Kecamatan Pronojiwo. Sedangkan calon haji termuda berumur 19 tahun bernama Sinta Fariska Febriyanti asal Bodang, Kecamatan Padang," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 1.022 calon haji yang berangkat pada tahun 2019 merupakan calon haji yang telah terdaftar sampai tanggal 22 Februari 2011, sehingga harus disyukuri karena terpanggil untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Baca juga: Tiwa tercatat calon haji tertua melalui Embarkasi Surabaya
Baca juga: Puluhan HT disita PPIH Embarkasi Surabaya
Baca juga: Pasutri tertunda berhaji karena istri hamil dua minggu

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019