Jakarta (ANTARA) - Aliansi otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi melalui sayap modal venturanya, Alliance Ventures, mengumumkan investasinya di Mobility House, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform untuk mengintegrasikan baterai kendaraan dengan jaringan listrik cerdas.

Investasi baru Alliance Ventures ini merupakan tahap awal dalam usahanya menjadi ujung tombak pengembangan teknologi generasi lanjut untuk industri otomotif, khususnya untuk aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Mobility House berbasis di Jerman, Swiss, dan Silicon Valley, Kalifornia.

"Alliance Ventures bertujuan untuk menyediakan ekosistem yang tepat dari inovasi terbuka untuk memastikan perusahaan anggota Alliance memberikan mobilitas untuk hari esok," kata François Dossa, Wakil Presiden Global Alliance untuk Ventures dan Open Innovation serta Ketua Alliance Ventures, dikutip Minggu.

Transisi mobilitas dan energi akan berkontribusi pada komitmen Aliansi terhadap kendaraan tanpa emisi dan pencapaian visi kami: “membentuk masa depan mobilitas”, kata Dossa menambahkan.

Baca juga: Berambisi ke pasar global, Waymo gandeng Nissan dan Renault

Perusahaan anggota Alliance dan The Mobility House telah memulai beberapa proyek bersama, di antaranya melalui proyek Vehicle-to-Grid (V2G) di Jerman yang menggunakan Nissan LEAF.

Bekerja sama dengan Renault, Mobility House akan memasarkan sistem penyimpanan energi stasioner terbesar yang dibuat dengan baterai kendaraan listrik di Eropa dan berkontribusi melalui platform energi pintar untuk membuat pulau Portugis, Porto Santo, dekat Madeira, sebagai pulau pintar pertama di dunia.

"Alliance Ventures adalah investor yang sempurna untuk The Mobility House," kata Thomas Raffeiner, pendiri dan CEO The Mobility House. "Fakta bahwa visi dan keahlian perusahaan kami cocok dengan baik telah terbukti berkali-kali di masa lalu. Kami senang bahwa kami dapat memulai lebih banyak proyek dan membuat visi bersama kami tentang energi berkelanjutan menjadi kenyataan lebih cepat."

Investasi di Mobility House oleh Alliance Ventures ini merupakan yang terbaru setelah di 11 perusahaan rintisan lainnya, termasuk perusahaan baru yang berbasis di Amerika Utara, Eropa, dan China.

Nilai investasi di Mobility House tersebut tidak diungkapkan.

Baca juga: Triber akan diekspor ke pasar langganan Renault Kwid

Baca juga: Pemegang saham Mitsubishi lengserkan Carlos Ghosn

Baca juga: Honda, Audi dan Renault pakai speaker pintar Alibaba
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019