Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan mengadakan focus grup discussion (FGD) tentang ekonomi gotong-royong sebagai pilar ekonomi nasional yang kesimpulannya akan disampaikan sebagai rekomendasi pada forum Kongres V PDI Perjuangan.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Mindo Sianipar, saat membuka FGD di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis, mengatakan FGD ini membahas soal usulan kebijakan pangan nasional yang akan diusulkan untuk diterapkan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode kedua.

Baca juga: PDIP Sumbar usulkan Megawati kembali jadi Ketua Umum PDIP 2019-2024

"Pada FGD ini membicarakan, kebijakan pangan pada ekonomi nasional yang berbasis ekonomi gotong-royong. Ekonomi gotong-royong ini rohnya adalah koperasi,," katanya.


Menurut Mindo Sianipar, pada FGD ini, bukan melihat pada jumlah peserta, tapi akan memperhatikan materi yang dibicarakan dan substansi pembicaraan, sehingga memperoleh kesimpulan yang tepat.


Hadir pada FGD tersebut, mulai dari pakar seperti Prof Pancar Simatupang dan Teguh Budiono, praktisi koperasi dan peternak yakni Rusdi Kasdi, maupun anggota DPR RI yang membidangi pertanian.

Baca juga: PDIP Bali dukung Megawati kembali jadi Ketua Umum

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Handoyo, kesimpulan dari FGD ini akan disampaikan sebagai usulan dalam Kongres V PDI Perjuangan dari bidang ekonomi kerakyatan.


Pada Kongres V nanti, kata dia, akan dibahas, dan nantinya setelah menjadi keputusan kongres, maka akan menjadi rekomendasi untuk di jalankan. "Kami di DPR RI, nantinya akan memperjuangkan rekomendasi ini di DPR," katanya.

(T.R024)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019