Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Sabang, Aceh, Nazaruddin mendukung rencana pembangunan pabrik pengolahan beras ketan impor dari Thailand menjadi tepung, di pulau terluar paling barat Indonesia tersebut.

"Atas nama Pemerintah Kota Sabang saya mendukung pembangunan pabrik pengelolaan beras ketan menjadi tepung di Sabang," kata Wali Kota Sabang Nazaruddin ketika dihubungi dari Banda Aceh, Minggu, saat diminta tanggapannya terkait pembangunan pabrik tepung yang diinisiasi oleh Dinas Pangan Provinsi Aceh.

"Kami terus bersinergi dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk mengembangkan kawasan Sabang menjadi industri," kata Nazaruddin yang akrab dipanggil Tgk Agam.

Pemko Sabang kata Nazaruddin, akan memberikan dukungan penuh kepada semua pihak yang ingin berinvestasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan akan membangun pabrik pengolahan beras ketan menjadi tepung guna untuk memenuhi permintaan pasar di provinsi tersebut.

"Selama ini beras ketan yang diimpor dari Thailand belum dikelola dengan baik dan Pemerintah ingin memanfaatkan peluang tersebut dengan mengolah bahan baku menjadi tepung," kata Kepada Dinas Pangan Provinsi Aceh, Ilyas.

Kadis Pangan Provinsi Aceh menyatakan, para pihak di provinsi tersebut diharapkan menatap rencana pembangunan pabrik pengolahan tepung tersebut sebagai peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia secara umum.

"Kita butuh dukungan semua pihak agar rencana ini bisa segera terealisasi dan mendorong pertumbuhan UMKM di Aceh," ucap Kadis Pangan Provinsi Aceh.

Baca juga: Perusahaan asal Singapura tertarik investasi di Sabang
Baca juga: Perusahaan Perkapalan Belanda Jajaki Investasi di Sabang

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019