Luar biasa ya antusias warga,
Jakarta (ANTARA) - Warga yang akan menyaksikan perayaan malam puncak Jakarta Night Festival menyerbu otopet (skuter) listrik dan sepeda yang ada di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“Luar biasa ya antusias warga, sebenarnya saya belum menyewakan tapi ini sudah habis dan hanya ini yang bisa saya selamatkan,” ujar Direktur PT Surya Teknologi Perkasa (Gowes) Iwan Suryaputra, di Bundaran HI, Sabtu.

Hari ini sebenarnya, lanjut Iwan, hanya untuk mengenalkan dan meresmikan otopet listrik dan sepeda di panggung perayaan malam puncak HUT DKI Jakarta Night Festival, namun warga sudah penasaran untuk menjajal otopet listrik tersebut.

Menurutnya, biaya penyewaan yang masih digratiskan dan telah ditutupnya jalan menuju Bundaran HI sekitar pukul 16.00 WIB itu, menjadi faktor meningkatnya antusias warga untuk menjajal otopet listrik dan sepeda yang masih digratiskan dari biaya sewa.

Dari 75 otopet listrik dan 75 sepeda yang ditempatkan di sekitar Bundaran HI, terlihat hanya 16 otopet listrik dan sepeda yang tersisa di depan pintu masuk stasiun MRT Bundaran HI.

Salah satu pengguna layanan GOWES, Vira mengatakan antusias mencoba layanan ini karena menurutnya penyewaan hal berbasis aplikasi itu merupakan hal yang baru.

“Pengen coba aja mumpung gratis, trus pakainya gampang tinggal scan aja bisa bawa keliling-keliling,” ujar Vira.

Otopet listrik tersebut merupakan salah satu moda transportasi jarak pendek-menengah yang dikelola oleh PT Surya Teknologi Perkasa (GOWES). Tujuannya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat DKI akan akses terpadu menuju transportasi massal.

Penggunaan GOWES ini cukup mudah, dengan mengunggah aplikasi, masyarakat bisa menemukan otopet/skuter listrik terdekat dan bisa menggunakannya ke berbagai tempat yang ingin dituju.

Pada peluncuran awal, pemakaian otopet/skuter listrik ini akan dilakukan secara cuma-cuma alias gratis selama dua minggu pertama sementara sepeda akan gratis selama sebulan.

Sedangkan besok pada Car Free Day Minggu (23/06/2019) otopet listrik dan sepeda itu pertama kalinya akan dioperasikan di kawasan terbuka di Jalan Thamrin-Sudirman.

Baca juga: Pemprov DKI kolaborasi dengan komunitas kreatif gerakkan perekonomian
Baca juga: Sambut HUT DKI Jakarta Laznas BMM ajak 1.100 yatim ke Dufan Ancol
Baca juga: Jelang Malam Puncak HUT Jakarta, akses menuju Bundaran HI ditutup


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019