Panitia akan menyiapkan menu nuansa lokal seperti coto makassar, konro, pallumara, pisang epe, buroncong, dan berbagai menu lainnya di jamuan makan malam yang akan berlangsung di Fort Rotterdam, 16 Juni nanti
Makassar (ANTARA) - Panitia pelaksana Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIX, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk menyampaikan persiapan pelaksanaan acara tahunan tersebut sekaligus meminta kesediaan JK membuka acara tersebut.

Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb bersama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) H M Sattar Taba adalah Panitia Pelaksana (PSBM) XIX yang rencananya akan digelar pada Sabtu hingga Minggu (15-16/6) 2019.

Dalam kesempatan itu, panitia PSBM XIX melalui siaran pers yang diterima di Makassar, Jumat, melaporkan kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PSBM yang akan diselenggarakan di Wisma Negara Makassar, kawasan reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI) di Makassar.

Sattar Taba melaporkan berbagai hal dari semua unsur kepanitiaan. Selain Sattar dan Iqbal, turut menemui JK Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan yang juga sebagai Ketua Panitia Lokasi PSBM, Abdul Hayat Gani, Ketua Pengarah PSBM XIX Andi Rukman Karumpa, Ketua Kadin Sulawesi Selatan Zulkarnain Arief, dan Andi Indra, dari HIPMI DKI Jakarta yang mewakili saudagar milineal.

Jusuf Kalla saat ditemui menekankan pentingnya mendorong dan menumbuhkembangkan saudagar saudagar pribumi yang tercakup di dalamnya adalah saudagar Bugis Makassar.

“Pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga banyak digeluti oleh saudagar Bugis Makassar, Mandar dan Toraja,” ucap JK saat berbincang dengan panitia.

Sementara, pada PSBM XIX yang mengusung tema "Bersinergi Memajukan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal" Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb berinisiasi akan mengisi dengan pertunjukan I La Galigo.

Selain itu, panitia akan menyiapkan menu nuansa lokal seperti coto makassar, konro, pallumara, pisang epe, buroncong, dan berbagai menu lainnya di jamuan makan malam yang akan berlangsung di Fort Rotterdam, 16 Juni nanti.

"I La Galigo akan dipentaskan meski versi pendeknya. Sekaligus sebagai persembahan terima kasih kita di akhir masa jabatan bapak Jusuf Kalla sebagai Wapres," kata Iqbal Suhaeb

Sementara untuk kegiatan secara keseluruhan, Andi Rukman Karumpa menjelaskan bahwa para pembicara pada PSBM di antaranya Menteri PAN RB Syafruddin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Toraja Utara dan Bupati Selayar dan pengusaha Masud Darmawan dari Kalimantan yang sudah terkonfirmasi kesiapannya.

“Pariwisata menjadi tema utama PSBM, karena sektor ini merupakan salah satu sumber devisa negara terbesar," katanya

"Apalagi di Sulsel banyak potensi wisata yang bisa digarap menjadi destinasi menarik," tambah Rukman yang juga menjabar Wakil Ketua Umum Kadin itu.

Baca juga: Pemkot Makassar siapkan pentas La Galigo malam PSBM

Baca juga: Wapres Kalla: Semangat modal utama saudagar

Baca juga: Wali Kota Makassar jamu saudagar Bugis Makassar

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019