Cikeas, Bogor (ANTARA) - Jenazah Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono diserahkan pihak keluarga kepada pemerintah untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Prosesi penyerahan jenazah dilakukan dalam upacara persemayaman jenazah Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu siang dengan inspektur upacara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Penyerahan jenazah dilakukan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mewakili keluarga dan diterima inspektur upacara Bambang Soesatyo mewakili Negara.

"Dengan ini kami menyerahkan jenazah kepada pemerintah, untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan upacara militer," ujar Ibas.

Selanjutnya Bambang Soesatyo selaku inspektur upacara mewakili pemerintah, meminta izin kepada keluarga untuk memberangkatkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir di TMP Kalibata.

"Dengan diserahkannya jenazah kepada pemerintah, maka jenazah akan saya berangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir di TMP Utama, di Kalibata, Jakarta Selatan," kata Bambang Soesatyo.

Adapun iring-iringan kendaraan yang akan mengantarkan jenazah telah ditentukan yakni kendaraan pengawalan, kendaraan genderang sangkakala, kendaraan pasukan penghormatan, kendaraan kereta jenazah, kendaraan inspektur upacara, kendaraan keluarga dan pelayat.

Jenazah diberangkatkan menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan rute perjalanan Kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019