Jakarta (ANTARA) - Harrison Ford dikabarkan menginginkan salah satu pemain boneka alias dalang bernama Tim Rose yang memerankan Admiral Ackbar dipecat dari "Return of the Jedi" karena bercanda soal akting Ford.

Momen ketika Tim menangkap kemarahan Harrison muncul saat adegan ikonis ketika Hans Solo dibekukan dengan karbonit.

Saat tokoh Carrie Fisher, Puteri Leia, mencium Hans setelah penyelamatan, semua karakter dan dalang berkostum berteriak, "Kami melihatmu berciuman!"

Momen itu dimaksudkan untuk menjadi menyenangkan, tetapi Harrison tidak melihat humor di dalamnya, kata Tim kepada Jamie Stangroom.

"Harrison mendatangi sutradara dan berkata, 'apakah tokoh-tokoh boneka ini akan menertawakan dialog saya? Karena saya tidak mau harus kembali dan melakukan ADR (Pengganti Dialog Otomatis)'," ujar Tim mengenang pembicaraan Ford.

Sutradara Richard Marquand kemudian mengatakan kepada para karakter untuk melakukan hal yang sama tetapi menggunakan bahasa isyarat (mime) untuk pengambilan kedua.

Sebelum pengambilan ketiga, sutradara duduk di sebelah Tim, yang masih pakai pakaian karakter, dan bertanya apa yang dipikirkan. Namun, Tim tidak menyadari bahwa mikrofonnya masih menyala dan dapat didengar di panggung suara.

Tim, saat menggunakan suara Salacious Crumb, berkata, "Eh, pria Harrison ini ... apakah dia akan membicarakan tawa kita? Karena itu benar-benar membuatku kesal."

Baca juga: Pemeran Chewbacca dalam film "Star Wars", Peter Mayhew meninggal

Semua kru menganggap lelucon itu lucu, tetapi tidak bagi Harrison, yang langsung mendatangi lokasi syuting dan mengatakan dia tidak akan kembali sampai dalang yang tidak dikenal itu dipecat.

Tim mengatakan bahwa dia menawarkan permintaan maaf kepada Harrison, tetapi itu tidak akan berhasil.

Namun karena Tim hanya karakter di belakang layar dan Harrison tidak tahu siapa yang benar-benar membuat lelucon atau seperti apa kelucuan itu, Tim mengaku masih tetap diizinkan untuk terus bekerja sebagai "orang baru."

Sementara itu, Harrison senang karena dia menganggap pria itu benar-benar sudah dipecat.

Bertahun-tahun kemudian, Tim tidak memiliki niat buruk terhadap aktor legendaris. Dia berkata, "Saya bersusah payah mengatakan Harrison Ford adalah pria yang hebat. Saya kebetulan salah membaca selera humor dan melakukan hal yang salah pada waktu yang salah." Demikian Wonderwall dikutip Minggu.

Baca juga: Film "Star Wars" 2022 dibuat oleh pencipta "Game of Thrones"

Baca juga: Setelah rilis Episode 9, film "Star Wars" akan vakum sementara

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019