Muratara, Sumsel (ANTARA) - Sebuah mobil mini bus jenis Avanza warna silver dengan nomor polisi B 2009 TQB menerobos semak belukar di jalan lintas tengah Sumatera, tepatnya di Desa Maur, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, diduga pengemudinya mengantuk.

Warga setempat yang mengetahui kejadian, Zulkarnain di Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu, mengatakan kecelakaan tunggal itu terjadi Sabtu pagi sekitar pukul 08.00 WIB saat kondisi arus lalu lintas di jalur mudik tersebut sedang ramai.

"Kondisi lalu lintas memang lagi ramai pemudik, mobil itu cepat sekali, mungkin sopirnya ngantuk berat, terus terkejut langsung ngerem, kemudian sopirnya banting setir dan menerobos semak-semak," cerita Zulkarnain kepada Antara.

Dia menjelaskan lakalantas itu bermula saat mobil tersebut melaju dari arah Kota Lubuklinggau menuju Jambi dan tiba di tempat kejadian kendaraan lepas kendali lalu oleng ke sebelah kanan jalan bahkan nyaris menghantam kendaraan dari arah berlawanan.

"Tapi tidak sampai terjadi tabrakan adu kambing, penumpangnya berjumlah delapan orang, semuanya selamat, ada beberapa yang mengalami luka ringan, langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa," katanya.

Akibat kejadian itu arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan, namun aparat kepolisian yang menerima laporan langsung datang ke lokasi untuk mengevakuasi kendaraan korban serta mengurai kemacetan.

"Iya sempat macet juga, karena banyak pengendara lain yang berhenti untuk membantu korban keluar dari mobil yang terjebak di semak-semak itu, tidak lama itu polisi datang," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Musi Rawas AKP Dani Prasetya membenarkan adanya kecelakaan tunggal tersebut dan meyakini korban merupakan pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran Idul Fitri 2019.

Pihak kepolisian mengimbau bagi pemudik untuk berkonsentrasi dalam berkendara, karena jalur lintasan di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara lurus sehingga sangat mudah membuat pengendara terlena.

"Kepada pemudik terus kami imbau, berhati-hati dalam berkendara, konsentrasi, kalau capek, ngantuk lebih baik istirahat dulu, jangan dipaksakan, berbahaya, jangan sampai ada korban jiwa, keluarga kita menunggu di kampung halaman," imbaunya.

Baca juga: Polres Magetan imbau pemudik waspadai lima jalur rawan kecelakaan

Baca juga: Ini titik-titik rawan kecelakaan di Jalinsum Batanghari, Jambi

 

Pewarta: Rahmat Aizullah/Indra Goeltom
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019