Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengandeng perusahaan penerbangan Garuda Indonesia untuk mempromosikan Festival Biak Munara Wampasi VII (BMW) berlangung 1-6 Juli 2019 dalam upaya menarik kunjungan wisatawan ke Biak.

"Keterlibatan Garuda untuk mendukung festaval BMW VII diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan turis mancanegara dan wisatawan nusantara," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak, Turbey Dangeubun, di Biak,Jumat.

Ia mengakui sesuai ketetapan Pemkab Biak Numfor tema yang diangkat dalam festival BMW 2019 adalah menguatkan budaya dan membingkai pesona.

Berbagai kegiatan selama Festival BMW, menurut dia, di antaranya atraksi budaya menangkap ikan di air laut surut/meti (Snapmor), atraksi berjalan di atas batu panas (apen beyeren), tarian kolosal, harmoni Biak (konser musik tradisional Biak).

Serta kegiatan lain Festival BMW, lanjut Dangeubun, yakni lomba fotografi, menyelam, dan foto bawah laut, pesona sajian masakan Biak (pesta makan ikan,papeda dan makan keladi), parade Wor dan Yospan, lomba gerak jalan, hingga lomba mancing.

"Fetsival BMW juga mengelar tur Padaido Island,parade perahu adat Wairon dan Mansusu, enjoy Biak (fit,food dan fun) serta pameran ekonomi kreatif," kata dia.

Dangeubun berharap ada peningkatan jumlah kunjungan turis mancanegara saat pelaksanaan festival BMW VII berlangsung 1-6 Juli 2019.
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019