Muntok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman masing-masing.

"Peningkatan pengamanan ini kami lakukan seiring meningkatnya jumlah calon penumpang orang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera," kata Wakil Kepala Polres Bangka Barat, Kompol Joko Triyono, di Muntok, Kamis.

Peningkatan pelayanan dengan menambah jumlah personel yang bertugas dan pemeriksaan barang bawaan penumpang orang dan kendaraan demi keselamatan perjalanan seluruh pemudik.

"Sejak Rabu (29/5) kami kerahkan sebanyak 40 personel polisi untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Tanjungkalian," ujarnya.

Para personel ditugaskan untuk melakukan pengamanan serta mengatur ketertiban alur keluar masuk kendaraan yang hendak masuk dermaga.

Para petugas juga tampak melakukan pengawasan di lingkungan luar kawasan terminal pelabuhan karena jumlah kendaraan roda empat yang mengatre semakin banyak.

"Kami akan terus melakukan pengamanan dan pengaturan agar situasi aman, tertib dan lancar sehingga arus keluar masuk pelabuhan dan dermaga bisa sesuai urutan antrean kendaraan," katanya.

Triyono mengatakan, pada tahun ini diperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Tanjungkalian Muntok menuju Pulau Sumatera sebesar 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan jumlah pemudik tersebut dipengaruhi kenaikan harga tiket pesawat terbang dan sudah beroperasinya sejumlah jalan tol di Pulau Sumatera.

"Transportasi darat semakin mudah dan lebih murah jadi kami prediksi meningkat dibanding tahun lalu, baik penumpang orang maupun kendaraan yang akan melalui Pelabuhan Tanjungkalian Muntok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019