Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI Zulfan Lindan mendorong sinergi antara PT  Pertamina (Persero), PT PGN (Persero) dan PT PLN  (Persero) agar benar-benar menjamin lancarnya penggunaan listrik pada periode Lebaran 2019.

"Kami minta agar Pertamina, PGN dan PLN membuat sistem distribusi yang bisa mengatasi persoalan secara cepat untuk mengantisipasi pemadaman listrik, kekurangan pasokan bahan bakar dan gas bumi. Harus segera dilakukan," kata Anggota Komisi VII DPR RI Zulfan Lindan dalam rilis, Jumat.

Menurut politisi Partai Nasdem tersebut, konsolidasi dan sinergi yang dilakukan tidak hanya berdasarkan kasus per kasus, tetapi harus menyeluruh dengan sistem kelembagaan yang ada.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Kamis, meninjau kesiapan pasokan listrik dan kesiagaan PT PLN (Persero) selama Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019.

Dari pemantauan di Pusat Pengatur Beban PLN di Gandul, Depok, Jawa Barat ini, Arcandra berharap kondisi kelistrikan pada periode Ramadan dan Idul Fitri sebaik tahun lalu dan persiapan juga harus dilakukan sebaik mungkin.

"Kami mengecek persiapan PLN untuk menghadapi lebaran tahun ini. Diharapkan semua seperti tahun lalu, tidak ada yang mengkhawatirkan. Tapi persiapan tetap harus dilakukan sebaik mungkin, karena kalau kita merasa baik itu adalah musuh untuk menjadi terbaik. Untuk itu kita selalu waspada, selalu ditingkatkan kalau masih merasa ada yang kurang baik," ujar Arcandra.

Untuk persiapan tahun ini, Arcandra menginginkan PLN untuk mencari kekurangan yang ada, sehingga dapat mengantisipasi jika terjadi hal yang kurang baik.

"Untuk persiapan tahun ini, saya berharap jajaran PLN selalu mencari apa yang kurang. Sehingga kita bisa mengantisipasi kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Kalau merasa sudah baik, tidak ada ruang untuk lihat apa yang kurang baik," lanjutnya.

Arcandra juga menegaskan bahwa sesuai perintah Presiden Joko Widodo, kecukupan energi harus dapat memenuhi kebutuhan selama masa Ramadan dan Idul Fitri 2019.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019