Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi pada periode Lebaran 2019, sebaiknya memeriksa kondisi kendaraan karena mudik biasanya menempuh jarak yang jauh dan menghabiskan waktu berjam-jam, sehingga memerlukan kondisi kendaraan prima.

Setidaknya ada 11 bagian penting yang harus diperiksa demi keamanan dan kenyamanan selama perjalan mudik. Berikut ulasannya menurut keterangan Asrta Shop&Drive, Jumat:

1. Kelistrikan dan Air Aki

Pengecekan pada sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik.

Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika kendor nantinya dapat menyebabkan sistem kelistrikan tidak bekerja sempurna.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering, akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

2. Oli mesin, Transmisi, Gardan

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan dalam pengecekan. Penggantian oli menjadi hal yang penting guna mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin, dan borosnya penggunaan bahan bakar.

3. Shock Absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan saat melewati gundukan atau lubang, menyusul kondisi jalanan yang tak terduga di jalur mudik. Maka dari itu, pengecekan Shock Absorber dilakukan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

4. Filter Udara

Filter udara mesti dibersihkan guna mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

5. Filter Oli dan AC

Agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat dengan baik, filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan sebelum. Filter AC juga wajib diperiksa agar menyaring udara kotor.

6. Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik, membuat jarak pengereman lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, menjaga daya tahan ban dengan lebih baik, serta dapat menghemat bahan bakar.

7. Minyak Rem

Rem merupakan peranti vital kendaraan, sehingga minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem dan mengancam keselamatan Anda maupun pengguna jalan lainnya.

8. Air Radiator

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga. Kecukupan air radiator dapat menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air yang menyebabkan mesin panas atau overheat.

9. Semir Ban

Menyemir ban secara rutin mungkin terlihat sepele, namun dapat membuat ban tampak bersih seperti baru sesuai warna karet ban asli. Penggunaan semir juga diklaim dapat menjaga elastisitas ban.

10 Wiper

Wiper memerlukan pengecekan rutin agar pandangan pengemudi ketika mudik tidak terganggu kotoran, serta tetap aman berkendara saat hujan.

11. Lampu Utama dan Lampu Sein

Terakhir, cek kondisi lampu utama maupun sein. Periksa kembali sistem kelistrikan terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

Selain itu menjelang mudik lebaran 2019, Shop&Drive menghadirkan layanan terbaru “Paket Tune Up” yang dibanderol promo mulai dari Rp250 ribu. Layanan tersebut saat ini dapat dinikmati hanya di gerai Super Shop&Drive.

Shop&Drive juga menawarkan promo menarik selama Ramadhan, antara lain ganti oli hemat hingga Rp312 ribu, trade in aki hingga Rp850 ribu, diskon shock absorber hingga 50 persen, dan diskon ban hingga 45 persen. Promo bisa didapat melalui pembayaran kartu kredit dan debit Mandiri.


Baca juga: Bisnis penyewaan mobil mewah laris jelang mudik

Baca juga: Roofbox solusi bawa barang saat mudik lebaran

Baca juga: Teliti sebelum beli mobil bekas untuk mudik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019