Kenaikan (pencarian rumah) tertinggi di Palangka Raya
Jakarta (ANTARA) - Marketplace OLX menyebut pencarian properti untuk Palangka Raya mengalami kenaikan hingga lima kali lipat setelah bergulirnya wacana pemindahan ibu kota ke luar Jawa pada akhir April lalu.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim dalam paparan di Jakarta, Senin, menjelaskan e-commerce itu membandingkan angka pencarian rumah di Palangka Raya sebelum dan setelah rapat kabinet terbatas yang digelar Presiden Jokowi 29 April lalu.

"Setelah wacana itu keluar ke publik, pencairan properti di Palangkaraya naik lima kali lipat. Padahal baru berjalan satu dua minggu tapi sudah sangat signifikan," katanya.

Ignasius menjelaskan di OLX pihaknya membandingkan data pencarian properti Palangka Raya pada 25 April dan 30 April, setelah diumumkannya rencana pemindahan ibu kota.

"Kalau kita bulatkan 300 di hari biasa sebelum ada wacana itu, jadi sekitar 1.500 di tanggal 1 April, satu hari setelah rapat terbatas dilakukan," katanya.

Meski belum dikonfirmasi akan menjadi ibu kota baru, Ignasius menyebut kenaikan tersebut kemungkinan terjadi karena dalam wacana yang sebelumnya bergulir, ibu kota Kalimantan Tengah itu pernah disebut-sebut akan menjadi ibu kota baru.

"Kenaikan (pencarian rumah) tertinggi di Palangka Raya," katanya.

Pemerintah telah memilih untuk membangun ibu kota baru pemerintahan di luar Pulau Jawa mengingat beban di DKI Jakarta yang semakin bertambah.

Pemerintah akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas hal teknis, rancangan kota dan master plan terkait pembangunan ibu kota baru.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019