Palembang (ANTARA) - Sumatera Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaraan boling Internasional di Jakabaring Palembang pada 16-24 November 2019.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan pihaknya telah menerima pengurus besar persatuan boling Indonesia tentang kesiapan sebagai tuan rumah kejuaraan dunia tersebut.

"Sumsel sudah siap karena arena boling di Jakabaring sudah berskala internasional," kata Herman.

Sementara Ketua Umum PB Persatuan Boling Indonesia (PBI) Percha Leanpuri mengatakan kejuaraan tersebut akan diikuti ratusan atlet terbaik dari puluhan negara.

Menurut dia, kejuaraan yang sama pada dua tahun lalu berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Sedangkan Indonesia menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya, setelah 1980.

Kali ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas boling di Jakabaring yang merupakan terbaik di kawasan Asia.

Dia menambahkan sesuai regulasi, setiap negara dibatasi mengirim masing - masing satu atlet putra dan putri terbaik. Dengan target minimal 65-75 negara peserta. "Kami optimistis kejuaraan boling di Jakabaring pada tahun ini akan diikuti setidaknya 150 peserta," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Boling Indonesia Sumatera Selatan Kurmin Halim mengatakan mereka akan menggencarkan promosi ke luar negeri, baik di kawasan Asia, Eropa, maupun Timur Tengah dengan harapan jumlah peserta bisa mencapai seratusan negara di dunia.

Bila hal itu tercapai, Indonesia bisa mengalahkan rekor jumlah peserta terbanyak yang dipegang oleh Singapura.

"Kita ingin pecahkan rekor peserta yang selama ini dipegang oleh Singapura dengan 98 negara," kata dia.

 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019