Bogor (ANTARA) - PT Timur Raya Karya Mandiri (TRKM) sebagai distributor tunggal pelumas Deltalube membidik peningkatan omzet penjualan lebih dari 30 persen pada 2020 menyusul peluncuran enam produk baru pada April 2019.

"Kami harapkan proyeksi penjualan pada tahun depan lebih tinggi dibanding tahun ini karena produk kami cocok dengan kebutuhan pasar," ujar Manajer Pengembangan Bisnis PT TRKM Natalyus Purnomoadi dalam peluncuran produk di Bogor, Senin malam.

Enam produk pelumas Deltalube yang diluncurkan pada akhir April 2019 itu adalah pelumas mobil penumpang SAE 10W30 dengan sertifikasi API Service SN, pelumas mobil penumpang SAE 10W40 dengan serifikasi API Service SN, pendingin radiator 306 yang punya perbandingan etilen glikol dengan air 50:50, minyak rem 797 DOT 3, minyak rem 797 DOT 4, dan gemuk (grease) 056 EP2.

"Kami lakukan penyegaran produk dan kemasan sesuai dengan perkembangan terbaru kebutuhan pasar dari sertifikasi SL ke SN," katanya.
 
Pelumas Deltalube. () (ANTARA News/Alviansyah P) (ANTARA News/Alviansyah P/)


Natalyus mengakui penyegaran produk dengan sertifikasi API SN itu berpengaruh terhadap harga jual produk yang semakin tinggi sekitar 10 persen dari harga produk dengan sertifikasi SL.

"Peningkatan harga itu tidak terlalu signifikan dan tidak membebani konsumen karena kami menjual kualitas," ujarnya.

PT TRKM, lanjut Natalyus, mengandalkan jaringan distribusi produk di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan hampir seluruh wilayah di Kalimantan untuk produk-produk baru itu.

"Pasar kami memang lebih banyak di luar Jakarta dan Jawa Barat karena kami telah lebih dahulu masuk pasar pelumas mesin disel 'single grid' untuk kendaraan industri," ujarnya.

Natalyus menambahkan omzet penjualan produk-produk pelumas dan produk lain pendukung pasar otomotif kendaraan penumpang Deltalube naik 30 persen sejak 2018.

"Kami memang belum pada kondisi terbaik pada pasar kendaraan penumpang ataupun sepeda motor. Tapi, kami senang dengan peningkatan omzet sebesar itu," katanya.

Baca juga: Deltalube bawa 24 produk pelumas ke GIIAS 2018

 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019