Oleh karena itu, melalui GIIAS Surabaya ini kami ingin mengajak masyarakat Jawa Timur untuk bisa menikmati perkembangan kendaraan motor terkini,
Surabaya (ANTARA) - Pelaksanaan pameran mobil "Gaikindo Indonesia International Auto Show" (GIIAS) 2019 di Surabaya yang bakal digelar pada 29 Maret sampai 7 April 2019 dijadwalkan dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"GIIAS 2019 di Surabaya besok akan dibuka oleh Menperin. Ini menunjukkan bahwa komitmen pemerintah terhadap pameran industri otomotif, dan pameran ini sebagai pintu antara industri dengan pembeli." kata Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi di Surabaya, Kamis.

Menurutnya, Airlangga juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke setiap booth peserta, dan diharapkan kunjungan Menperin akan memberikan semangat positif bagi para pelaku industri otomotif di Surabaya.

"Kami optimistis GIIAS Surabaya menjadi awal yang baik untuk permulaan GIIAS The Series atau penyelenggaraan berikutnya di Jakarta dan Makasar," katanya.

Yohanes menilai, Jawa Timur memiliki sejarah yang baik dalam penjualan kendaraan bermotor terutama mobil penumpang dan komersial, dan penyelenggaraan GIIAS di Surabaya diharapkan pula menjadi salah satu elemen penting pendorong pertumbuhan industri otomotif.

"Oleh karena itu, melalui GIIAS Surabaya ini kami ingin mengajak masyarakat Jawa Timur untuk bisa menikmati perkembangan kendaraan motor terkini," katanya.

Pada pelaksanaan GIIAS 2019, kata dia, tidak akan lagi fokus pada target nilai transaksi atau jumlah pengunjung, namun lebih pada memberi informasi dan ajang para agen pemegang merek untuk memamerkan teknologi terkini.

Meski demikian, kata Yohanes, diharapkan pengunjungnya bisa melebihi dari GIIAS Surabaya sebelumnya, yakni 50 ribu pengunjung dengan transaksi penjualan sebanyak 2.000 kendaraan.

"Memang, tahun ini penjualan bukan fokus, namun bagaimana informasi terkini mengenai industri mobil bisa sampai," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019