Jakarta (ANTARA) - Produsen ban Pirelli akhir pekan lalu meluncurkan ban terbarunya Pirelli Diablo Rosso Sport bersamaan dengan World Superbike Championship seri kedua di Sirkuit Chang Buriram, Thailand.

Di pasar Indonesia, ban yang didesain untuk balap ini nantinya juga akan diproduksi untuk segmen skuter matik (skutik) yang populasinya besar.

Diablo Rosso Sport pada tahap awal dibuat untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar ban underbone dan sportbike.

"Setelah itu secara bertahap akan dibuat juga Diablo Rosso Sport untuk ban skutik yang kita tahu populasinya sangat besar," kata Yusak Kristian, Direktur PT Astra Otopart Tbk, perusahaan yang memproduksi ban ini bekerja sama dengan Pirelli Tyre SpA.

Pirelli Diablo Rosso Sport dibuat di Subang, Jawa Barat, di pabrik yang dioperasikan oleh perusahaan joint venture Astra Otopart dan Pirelli, PT Evoluzione Tyre.

 Ban ini khusus dirancang untuk model underbone dan sportbike hingga bermesin 400cc untuk memenuhi pasar Asia Pasifik.

Pirelli Diablo Rosso Sport dibuat dengan menggabungkan antara DNA sport Pirelli serta cengkeraman maksimum di semua kondisi jalan, termasuk lintasan basah.

Pengalamannya selama 15 tahun terakhir sebagai pemasok ban resmi Kejuaraan Dunia Superbike mendorong Pirelli mengembangkan produknya sesuai segmen pasar.

“Harapannya tentu bisa memenuhi kebutuhaan market di Indonesia dan Pirelli akan lebih kuat hadir di Indonesia untuk menambah varian. Kami berharap brand Pirelli akan lebih strong dan joint venture kami, Astra Otoparts dan Pirelli akan jauh lebih kuat,” kata Yusak dalam siaran persnya, Selasa.

Menurut Yusak, ban yang dibuat di Indonesia ini menjadi produk untuk pasar global.

 Diablo Rosso Sport menjadi ban sport terbaik dengan struktur konvensional berkat cengkraman maksimal dalam kondisi basah dan kering, handling sporty, serta desain tapak agresif yang diadopsi dari keunggulan Diablo Supercorsa.

Direktur Pemasaran Pirelli Tyre SpA untuk Asia Pasifik, Flavia Maffeis, mengatakan bahwa Diablo Rosso Sport merupakan hasil penelitian tim R&D Pirelli terhadap pemilik sepeda motor, khususnya di Asia Pasifik, berdasarkan kebutuhan pemakaian dan tren gaya hidup masa kini.

“Mereka membutuhkan grip di jalan kering maupun basah, handling sporty, tahan lama serta tangguh. Melalui Diablo Rosso Sport ini kami menyajikannya melalui ban berprofil balap, kompon khusus serta pola pattern efisien,” jelasnya.

Target pasar Diablo Rosso Sport utamanya adalah kaum muda urban bergaya yang kesehariannya menggunakan underbone 50 hingga 150cc serta penggemar motor balap atau sportbike 125cc hingga 400cc dalam mobilitas perkotaan maupun bepergian pada akhir pekan.

Pirelli Diablo Rosso Sport tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari 70/90-17 M/C 38S TL hingga 150/60-17 M/C 66S TL untuk ban depan, sedangkan ban belakang dari 70/90-17 M/C 38S TL hingga 120/70-17 M/C 58S TL.

Baca juga: Pirelli umumkan ban untuk F1 2019

Baca juga: Ban Aspira Premio diproduksi 1.5 juta unit 

Baca juga: Otomotif - Formula 1-Pirelli sepakati kemitraan baru

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019