Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil listrik AS, Tesla, telah merilis mobil SUV listrik terbarunya, Model Y, dalam empat varian dengan harga mulai 39.000 dolar (sekira Rp555 juta), sedikit lebih mahal dibanding Model 3 untuk varian terendahnya.

SUV yang desainnya lebih mirip sedan ini akan hadir dalam empat varian, yakni versi Standard Range, Long Range, Dual-Motor All-Wheel Drive, dan Performance.

Model Y cukup luas untuk membawa tujuh orang dewasa berikut perlengkapan mereka dan menawarkan jangkauan terdepan, kinerja superior, dan teknologi paling canggih, kata Tesla dalam pernyataan resminya, dikutip Jumat.

Dilengkapi dengan powertrain efisiensi tinggi dan motor ultra-responsif, Model Y mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu hanya 3,5 detik, dan kecepatan maksimal 150 mil per jam (sekitar 241 km per jam), serta diklaim tangguh di kondisi jalan apa pun.

Baterai Standar Model Y akan memiliki jangkauan 230 mil sekitar 321 km, sementara Model Y Long Range akan dapat melakukan perjalanan hingga 300 mil (482 km) dengan sekali pengisian daya penuh pada baterainya.

Di dalam, atap kaca panoramik Model Y dan tempat duduk tinggi menciptakan perasaan lapang dan menawarkan pemandangan luas dari setiap kursi di kendaraan. Trunk depan dan jok baris kedua lipat menyediakan ruang penyimpanan total 66 kaki kubik (1,9 meter kubik).

Seperti Model 3, Model Y tidak memerlukan tombol, melainkan menghubungkan ke ponsel cerdas Anda untuk masuk dan keluar tanpa hambatan, dengan antarmuka layar sentuh tunggal 15 inci di dalam untuk semua kontrol mobil.

Model Y juga terhubung dengan aplikasi Tesla Mobile untuk fitur unik dan mudah diakses seperti membuka kunci jarak jauh, panggilan telepon, pra-pengkondisian jauh, pelacakan lokasi, mode batas kecepatan, dan banyak lagi.

Model Y juga kompatibel dengan jaringan pengisian daya Supercharger Tesla yang berjumlah lebih dari 12.000 Supercharger di 36 negara, serta Supercharger V3 terbaru.

Mobil ini akan dikirimkan kepada pelanggan mulai musim gugur 2020 untuk varian Performance, Long Range, dan Dual-Motor All-Wheel Drive, sedangkan untuk varian terendah (Range Standar) berharga 39.000 dolar baru tersedia pada 2021.


Baca juga: Mercedes siap serang Tesla dengan SUV listrik

Baca juga: Tesla mulai produksi SUV Model Y akhir 2019

Baca juga: Tesla tarik 11.000 SUV model X karena masalah kursi
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019