mari kita bersama - sama menanam pohon mangrove dan menjaga kelestarianya agar ekosistem tetap terjaga.
Pandeglang (ANTARA) - Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap lestari, salah satunya dengan lakukan penanaman mangrove.

"Penanaman pohon mangrove ini bukan hanya di pesisir pantai PLTU dan kawasan pantai Labuan saja, akan tetapi penanaman pohon mangrove ini serentak dilakukan di 10 provinsi di Indonesia," kata Iriana Joko Widodo saat melakukan penanaman mangrove di pantai kawasan PLTU Desa Margasana, Kecamatan Pagelaran, di Pandeglang, Banten, Senin.

Kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di pesisir pantai PLTU didampingi istri Wakil Presiden (Wapres) Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan sejumlah istri dan perwakilan menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). HadHa dalam kesempatan tersebut Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Forkopimda Kabupaten Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan total mangrove yang ditanam ada 53 ribu pohon. Jumlah tersebut adalah penanaman awal dari 1 juta pohon yang akan ditanam. Meskpun dengan kondisi cuaca hujan, tidak mengurangi semangat untuk menanam mangrove, karena ini merupakan upaya meminimalisir dampak gelombang tinggi di pesisir pantai.

"Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menanam pohon mangrove dan menjaga kelestarianya agar ekosistem tetap terjaga," katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, penanaman mangrove adalah sebagai wujud nyata kepedulian masyarakat pada lingkungan. Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Ibu negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan perwakilan menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) yang telah peduli terhadap lingkungan dan kelestarian ekosistem mangrove di Kabupaten Pandeglang.

"Ini adalah wujud nyata kepedulian kita pada lingkungan. Kami menyampaikan terimakasih kepada ibu negara beserta rombongan yang telah memberikan kepedulian bagi lingkungan pantai di Pandeglang," katanya.

Penanaman pohon mangrove dilakukan serentak di sepuluh tempat yaitu di kawasan pantai Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Kecamatan Pasir Saleti Lampung Timur, Lemah Wungkuk Cirebon Jawa Barat, Sawo Jajar Brebes Jawa Tengah, Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Pohuwato Gorontalo, Donggala Sulawesi Tengah Pantai Cereme Nusa Tenggara Barat, serta Teluk Ambon Maluku, dan Pandeglang Banten. (*)

Pewarta: Mulyana
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019