Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini, meraih tiga penghargaan dalam ajang Teropong Parlemen Award (TPA) 2019 karena dianggap berkontribusi positif dalam kerja legislatif selama ini.

Ia meraih penghargaan dalam tiga kategori sekaligus yaitu Anggota Parlemen Aspiratif, Ketua Fraksi Peduli Sosial, dan Ketua Fraksi Teraktif dalam Proses Legislasi.

"Puji syukur alhamdulillah atas penghargaan yang kami terima, tentu ini menjadi motivasi bagi saya dan Fraksi PKS untuk semakin aktif dalam menyerap, mendengar dan memperjuangkan kepentingan rakyat sesuai moto PKS berkhidmat untuk rakyat," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Ia merasa terhormat menerima penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kinerja parlemen umumnya dan kinerja Fraksi PKS khususnya untuk semakin terdepan dalam membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

Ia juga menilai media berperan dalam mengawal kinerja anggota DPR dan juga lembaga parlemen agar bekerja sesuai tugasnya yaitu menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran.

Menurut dia, selain kritik media, pemberiaan penghargaan ini positif untuk menginspirasi para wakil rakyat agar kedepan bekerja lebih maksimal lagi untuk rakyat.

"Terima kasih kepada insan pers yang telah memainkan peran penyeimbang untuk mengawal parlemen kita dengan kritik tajam maupun apresiasinya," ujarnya.

Ketiga penghargaan itu dia raih, karena pertama, atas inisiatifnya, Fraksi PKS mempelopori Program Hari Aspirasi Rakyat dan menjadi satu-satunya Fraksi di DPR yang menyediakan hari khusus menerima aspirasi rakyat. 

Program itu telah dicanangkan sebagai program nasional Fraksi PKS di seluruh provinsi dan kabupaten kota dan FPKS juga menjadi yang paling aktif menggelar diskusi publik pekanan untuk menyerap aspirasi terhadap berbagai isu kebijakan.

Kedua, Ketua dan anggota Fraksi PKS selalu menyumbangkan seluruh gajinya untuk korban bencana berskala nasional dan turun langsung menyalurkannya dan terlibat dalam proses tanggap bencana seperti gempa dan tsunami yang terjadi di NTB, Palu, dan Selat Sunda. 

Ketiga, Fraksi PKS dinilai aktif dalam proses legislasi dengan menginisiasi RUU yang monumental seperti RUU Kewirausahaan Nasional serta kritis dan konstruktif terhadap RUU yang sedang dibahas di DPR.

Beberapa kategori Teropong Parlemen Award (TPA) 2019 adalah
1. Kategori Anggota Parlemen Aspiratif
2. Kategori Fraksi Peduli Sosial
3. Kategori Fraksi Teraktif dalam Proses Legislasi
4. Kategori Tokoh Empat Pilar Kebangsaan
5. Kategori Senator Peduli Daerah 
6. Kategori Tokoh Literasi Legislasi
7. Kategori Tokoh Reformasi Parlemen
8. Kategori Parlement Of The Year

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019