Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta para pegawai aparatur sipil negara (ASN/PNS) bekerja profesional sebagai pelayan masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan daerah.
Lebak (ANTARA) - Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meminta para aparatur sipil negara (ASN) bekerja profesional sebagai pelayan masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan daerah.

"Kita berharap para ASN yang mengelola reformasi birokrasi dapat memberikan kesejahteraan masyarakat," kata Iti  saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Lebak, Rabu.

Pemerintah daerah terus bekerja keras agar Kabupaten Lebak terlepas dari ketertinggalanya, di antaranya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Selama ini, perkembangan pelaksanaan reformasi di bidang birokrasi mengalami ketertinggalan dibanding reformasi politik, ekonomi, dan hukum.

Pada  2004 pemerintah daerah menegaskan kembali akan pentingnya penerapan prinsip-prinsip "Clean Governmen" dan "Good Governance" atau pemerintah yang bersih. Sebab, pemerintah bersih itu akan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Untuk itu, program utama yang dilakukan pemerintah daerah adalah membangun aparatur negara melalui penerapan reformasi birokrasi," katanya.

Ia mengatakan, pentingnya reformasi birokrasi pada pemerintah daerah harus dibangun "Roadmap reformasi birokrasi" pemerintah daerah.
Di mana "Roadmap reformasi birokrasi" merupakan rencana kerja dengan rincian berkelanjutan yang menggambarkan reformasi birokrasi dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Selain itu, penyelenggaraan reformasi birokrasi dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (PP) Nomor 81 Tahun 2010 tentang "Grand design reformasi birokrasi" 2010 - 2025 yang ditindaklanjuti dengan Permenpan & RB Nomor 37 Tahun 2013 tentang pedoman penyusunan roadmap reformasi birokrasi pemerintah daerah.

"Kami minta ASN bekerja lebih terpacu dengan waktu juga menyingsingkan lengan baju dengan berfikir optimistis juga profesional untuk mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Mansyur suryana
Editor : Alex Sariwating

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019