Surabaya (ANTARA)  - Perusahaan pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) menyebutkan pembangunan ruas Tol Trans Jawa berimbas pada peningkatan pertumbuhan kendaraan roda empat, dan memicu pertumbuhan perekonomian daerah sehingga pertumbuhan kredit diprediksi mencapai 10 persen pada 2019.

Direktur Utama MTF, Arya Suprihadi di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, mengatakan operasional sejumlah ruas jalan tol baru mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan karena faktor kemudahan akses jalan.

"Oleh karena itu, kami optimistis dengan pertumbuhan pembiayaan kendaraan sebesar 10 persen tahun ini, apalagi menurut Gaikindo 70 persen hingga 80 persen pembelian mobil menggunakan kredit," kata Arya di sela kegiatan roadshow MTF.

Arya mengatakan rasa optimisme itu juga dibarengi dengan penguatan kerja sama yang dilakukan MTF dengan berbagai pihak seperti Bank Mandiri, diler mobil, showroom mobil, dan berbagai merek mobil.

Oleh karena itu, selama kegiatan roadshow tim MTF juga menyempatkan singgah ke kantor cabang Bank Mandiri dan beberapa agen penjualan mobil.

"Kerja sama dengan mereka sekarang memang sudah terjalin, namun akan ditingkatkan supaya ada peningkatan market share dan penetrasi pasar yang lebih cepat," katanya.

Selain itu, MTF juga bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk pembiayaan kendaraan dengan sistem syariah melalui produk BSM Oto.

"Tahun lalu, penyaluran BSM Oto tercatat hampir 800 persen tingkat nasional sejak 2017  atau sebesar Rp212 miliar dan 2018 naik mencapai Rp1,4 triliun. Dan untuk 2019 diprediksi mencapai Rp2 triliun," katanya.

Sementara itu, tahun ini dirinya membidik penyaluran kredit sebesar Rp29 triliun, atau lebih tinggi dari 2018 sebesar Rp26,9 triliun.

Dari total pembiayaan tersebut, sebesar 73,2 persen disalurkan untuk segmen ritel, 23,7 persen dan segmen corporate/fleet, sisanya 3,6 persen pembiayaan segmen multiguna dan lain-lain.

Baca juga: Tol Trans Jawa sebabkan peralihan pengguna moda angkutan udara ke darat

 
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019