Cirebon (ANTARA) - Berawal dari Yogyakarta pada Rabu (27/2), perjalanan dengan mobil keluarga legendaris berpenampilan makin modis, New Toyota Avanza dan Veloz, berakhir di Stasiun Cirebon, Kamis (28/2).

Dalam perjalanan selama dua hari itu, pengendara mengunjungi tempat-tempat ikonik di Magelang dan bertandang ke sejumlah lokasi bersejarah di Semarang, Jawa Tengah, sekaligus menjajal kenyamanan dan ketangguhan mobil andalan Toyota.  

"Kami sengaja memilih kota-kota ini untuk test drive, karena sesuai dengan tagline New Toyota Avanza & Velos, part of Indonesia greatness," kata Manager Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat, Rabu.

Sekitar 22 jurnalis diajak untuk mencoba langsung penyempurnaan yang dilakukan Toyota pada mobil serbaguna kecil (LMPV) terlarisnya itu, yang pada 15 Januari 2019 diluncurkan versi penyegarannya.

Tiga New Toyota Avanza 1.5 G manual dan tiga New Toyota Veloz Matik disiapkan TAM, sehingga para jurnalis yang dibagi dalam enam kelompok bisa menjajal ketangguhan dan kenyamanan yang digembar-gemborkan kedua varian unggulan tersebut.
 
New Toyota Avanza dan Veloz melintasi jalan mulai dari Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Cirebon pada test drive 27-28 Pebruari 2019 (ANTARA News/HO)


Mobil tujuh penumpang yang pertama kali diperkenalkan pada akhir 2003 itu, sudah pasti tak terbantahkan ketangguhannya.

Setidaknya selama 15 tahun mobil tersebut mampu bertahan hingga kini dan tetap memegang teguh mahkota sebagai mobil terlaris, meskipun banyak pendatang baru di segmen LMPV yang membuat persaingan kian ketat.

Namun hal itu tak membuat Toyota gentar, karena seperti yang diungkapkan Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Avanza merupakan mobil yang paling pas untuk segala kondisi jalan, kebutuhan, dan selera keluarga di Indonesia.

"New Avanza dan New Veloz adalah kendaraan dengan DNA real MPV Indonesia," kata Anton.

Kepercayaan diri yang kuat, bahwa telah menguasai DNA kendaraan keluarga yang dibutuhkan Indonesia itu membuat Toyota nampak lebih fokus pada penyegaran tampilan dan peningkatan kenyamanan, tidak hanya bagi penumpang tapi juga pengemudi.

Soal tampilan, bisa dikatakan Toyota berhasil membuat New Toyota Avanza dan Veloz, beda dengan versi sebelumnya. Keduanya terlihat lebih stylist dan sporty, sesuai dengan tren terkini.

Pada wajah depan keduanya, bisa terlihat jelas keen look khas desain-desain mobil Toyota, yang dulu hanya ada pada mobil mewah seperti Lexus.

Lampu depan, gril, dan bumper New Toyota Avanza dan Veloz semuanya baru. Wajah keduanya terlihat benar-benar tak sama dari versi sebelumnya. Lebih agresif dan macho.
 
Kabin New Toyota Avanza dan Veloz dibuat lebih kedap dan nyaman bagi pengemudi maupun penumpang (ANTARA News/HO)


Sementara soal kenyamanan, Toyota juga terbilang berhasil mengangkat kenikmatan berkendara maupun ketika penumpang berada di dalam mobil.

Peningkatan kekedapan kabin sangat terasa, meskipun hanya diturunkan 1-2 desibel. Rembesan suara dari luar berkurang signifikan, sehingga ngobrol atau menikmati hiburan dari audio yang makin canggih, terasa lebih asyik.

"Tingkat kebisingannya turun menjadi 47 desibel, sehingga suara dari lalu lintas di luar jadi tidak terlalu mengganggu," kata Head of Technical Service TAM Didi Ahadi.

Untuk meredam kebisingan, pihaknya menyematkan peredam di rear floor, shift floor, dan panel dasbor.

Suspensi New Toyota Avanza dan Veloz juga terasa lebih empuk. Hal itu, kata Didi, karena pada shockabsorber depan belakang dibuat lebih solid. Selain itu bushing juga dibuat lebih rigid.

Sementara itu, untuk meningkatkan kesenangan berkendaraan pada kecepatan tinggi atau perjalanan panjang, Electronic Power Steering (EPS) ditingkatkan kemampuannya, sehingga setir menjadi mudah dikendalikan pada saat kecepatan rendah, termasuk saat parkir, dan ajek atau tidak mudah berubah saat kecepatan tinggi

"Sebelumnya setir dibuat lebih enteng sehingga pengemudi lebih banyak memperbaiki posisi setir, kini setir dibuat lebih berat, sehingga setir lebih tenang pada pada perjalanan panjang maupun kecepatan tinggi," kata Didi.

Secara keseluruhan New Toyota Avanza dan Veloz mampu memberi kenyamanan "paripurna" baik bagi pengemudi dan penumpang di segmennya. Perjalanan panjang dari Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Cirebon menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga: New Toyota Veloz makin diminati, permintaan melonjak
Baca juga: Baru 1,5 bulan, pesanan New Toyota Avanza dekati 15.000 unit

 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019