Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya memastikan diri lolos ke babak delapan besar Piala Indonesia usai menaklukkan Persidago Gorontalo dengan skor 7-0 pada laga leg kedua babak 16 besar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu sore.

Dengan kemenangan besar tersebut, tim yang mempunyai suporter fanatik yaitu Bonekmania ini menang dengan agregat gol 11-1, setelah dipertandingan leg pertama di Gorontalo menang dengan skor 4-1.
Baca juga: Persebaya menang besar di kandang Persidago

Gol-gol kemenangan tim yang berjuluk Bajul Ijo pada leg kedua itu diciptakan oleh Amildo Balde sebanyak empat gol yaitu pada menit 27, 30, 56 dan 87, berikutnya masing-masing satu gol lewat Otavio Dutra menit 34, Hansamu Yama menit 37 dan Damian Lizio menit 45+1.

Pada 25 menit babak pertama berjalan, tuan rumah sempat kesulitan menembus pertahanan Persidago yang tampil ngotot dan memberikan perlawanan maksimal. Baru pada menit ke-27, top skorer Persebaya sementara di Piala Indonesia, Amildo Balde mencetak gol melalui tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti memaksimalkan umpan terobosan Manuchehr Jalilov.

Tiga menit berselang, lagi-lagi kombinasi kerja sama Jalilov dan Balde membuat kiper Persidago Mario Fabiyo Londok memungut bola dari gawangnya setelah Balde mencetak gol keduanya. Gol ketiga Persebaya dicetak bek asing yang tidak lama lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), Otavio Dutra, menit ke-34 memanfaatkan bola muntah sundulan Balde yang terbentur tiang gawang.

Gol berikutnya Persebaya kembali dicetak pemain belakang, yang kali ini melalui Hansamu Yama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur tendangan bebas Damian Lizio menit ke-37.
Baca juga: Persebaya datangkan pemain asal Bolivia, Damian Lizio

Pada menit 45+1 atau injury time babak pertama, giliran striker baru asal Bolivia, Damian Lizio, yang membuktikan kualitasnya usai lolos jebakan offside dan tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Persidago.

Skor 5-0 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakrta membunyikan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama. Babak kedua berjalan 11 menit, kembali Amildo Balde menunjukkan kelasnya sekaligus membuktikan pantas menggantikan peran David Da Silva yang musim lalu menjadi predator di Persebaya.

Gol tercipta memanfaatkan kesalahan bek Persidago yang gagal mengontrol bola silang kiriman Ruben Sanadi sehingga bola terlepas dan dicocor keras oleh Balde dari dalam kotak penalti.

Persidago bukannya tanpa serangan, berkali-kali striker bernomor punggung 14, Ismail Adam memaksa kiper Persebaya Abdul Rohim bekerja ekstra keras menghalau sejumlah peluang.

Menit ke-87, lagi-lagi Amildo Balde mengoyak jala Persidago yang kali ini melalui sundulan kepalanya usai menerima umpan silang matang Alwi Slamat. Gol keempat pemain yang pernah merumput di Celtic FC itu menjadi gol penutup di laga yang disaksikan 10.530 penonton itu.

Sementara itu, dari delapan tim yang akan berlaga di perempat final, sudah ada tujuh tim yang sudah memastikan lolos, yakni Persib, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United dan Persebaya.

Satu tiket lagi masih diperebutkan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang akan bermain pada Minggu (24/2).
Baca juga: Bali United taklukkan Persela Lamongan 2-0
Baca juga: Gol Fitra dan Ryuji loloskan Persija ke perempat final
Baca juga: Arema gagal melaju ke babak delapan besar Piala Indonesia



 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019