Jakarta (ANTARA News) - Charta Politika Indonesia memperkirakan sejumlah nama calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari DKI Jakarta berpeluang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2019.

Perkiraan tersebut didasarkan atas hasil survei terbaru Charta Politika yang publikasikan oleh Direktur Riset lembaga tersebut, Muslimin, kepada pers di Jakarta, Senin.

Menurut Muslimin, Charta Politik melakukan survei dengan mengajukan pertanyaan tertutup, seandainya pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan pada hari ini, caleg siapa yang bapak/ibu/saudara pilih?.

Muslimin menjelaskan, survei dilakukan di tiga daerah pemilihan (dapil) di DKI Jakarta, pada 18-25 Januari 2019, dengan melakukan wawancara tatap muka terhadap 800 responden pada setiap dapil, dengan faktor "margin error" untuk setiap dapil adalah 3,4 persen.

Dari jawaban para responden, menurut dia, diketahui pada dapil DKI Jakarta I, tercatat nama Imam Nahrawi (PKB) dipilih oleh sebanyak 15,1 persen responden, Habiburrokhman (Gerindra/6,8), Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio (PAN/3,8), Putra Nababan (PDIP/3,6), Bambang Atmanto Wiyogo (Golkar/3,5), M Yusuf Mujenih (PKB/3,5), dan Chicha Koeswoyo (PDIP/3,3).

Pada dapil DKI Jakarta II, tercatat, Hidayat Nur Wahid (PKS) dipilih oleh 7,1 persen responden, Eriko Sotarduga (PDIP/7,0), Biem T Benyamin (Gerindra/6,6), Himmatul Aliyah (Demokrat/6,3), Tsamara Amany (PSI/3,3), Masinton Pasaribu (PDIP/3,1), dan Okky Asokawaty (NasDem/3,0).

Pada dapil DKI Jakarta III, tercatat, Charles Honoris (PDIP) dipilih oleh sebanyak 8,6 persen responden, Lulung Abraham Lunggana (PAN/8,0), Yusril Ihza Mahendra (PBB/7,5), Darmadi Durianto (PDIP/7,4), R Saraswati Djojohadikusumo (Gerindra/7,4), Adang Dorodjatun (PKS/5,5), Ahmad Sahroni (NasDem/4,0), serta Grace Natalie (PSI/3,1).

Menurut Muslimin, dari hasil survei tersebut muncul sejumlah nama baru yang memiliki elektabilitas tinggi dan bahkan mengungguli sejumlah nama caleg petahana yang telah beberapa periode berada di DPR RI. Muslimin mencontohkan, seperti Habiburrkhman (Gerindra), Tsamara Amani (PSI), Chicha Koeswoyo (PDIP), dan Putra Nababan (PDIP).

Sementara itu, Ketua DPP PSI, Tsamara Amany mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Charta Politika yang mempublikasi hasil survei terbarunya, sehingga memperlihatkan hasil perjuangan caleg dan relawan PSI selama dua bulan terakhir. "Hasil perjuangan dan kerja keras para caleg dan relawan, membuahkan hasil positif," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019