Jakarta (ANTARA News) - Kia Motors, yang memulai uji coba produksi mobilnya di Anantaphur, Andhra Pradesh, India pada Selasa (29/1), sedang bersiap untuk meluncurkan jaringan penjualan nasional dan pusat layanan.

"Idenya adalah untuk menjual dengan jumlah yang maksimum. Jadi, jaringan penjualan dan layanan saya juga mengikuti arah yang sama. Ini akan sangat luas dan dalam, bahkan mencakup  kota-kota tingkat IV dan seterusnya, menjadikannya yang terbesar untuk pembuat mobil pertama di India," kata kepala penjualan dan pemasaran Manohar Bha, seperti dilansir Economic Times, Rabu (30/1).

Sejauh ini, dia menolak untuk membocorkan jumlah diler, namun menambahkan bahwa "ini masih dalam proses dan kami akan mengumumkannya mendekati waktu peluncuran."

Menteri negara bagian Andhra Pradesh, N Chandrababu Naidu hadir dalam uji coba, bersama dengan Kia Motors India MD & CEO Kookhyun Shim, presiden & CEO Kia Motors Corp Han-Woo Park dan duta besar Korea untuk India Shin Bongkil.

Bhat menjelaskan pabrik senilai 1 miliar dolar AS, dengan kapasitas untuk membuat 300.000 mobil per tahun, dibangun dalam 15 bulan, lebih cepat dari jadwal. Fasilitas terintegrasi ini menggunakan teknologi terbaru, dengan lebih dari 300 robot otomatisasi, bengkel bodi dan cat.

Kia akan mulai dengan meluncurkan konsep SP2i SUV pada Juli, yang akan bersaing dengan Duster Renault, S-Cross Maruti Suzuki dan Hyundai Creta. Model itu akan dibanderol di kisaran Rs9 lakh hingga Rs16 lakh.

"SUV adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat di pasar mobil India saat ini dan itulah sebabnya kami telah memutuskan India untuk meluncurkan SUV," jelasnya seraya menambahkan bahwa harga mobil mereka kompetitif.

"SP2 terinspirasi oleh India dan menggabungkan semua kebutuhan dan keinginan pelanggan India dalam sebuah mobil," kata Kia Motors India MD Shim. 

Bhat mengatakan Kia Motors mengharapkan pasar otomotif India tumbuh 8-12 persen selama 5-10 tahun ke depan meskipun penjualan saat ini rendah.

"Pertumbuhan PDB dan pertumbuhan otomotif berkorelasi dan permintaan otomotif akan tumbuh secara signifikan ke depan," kata Bhat kepada ET.

Baca juga: Berkendara di musim hujan, ini yang perlu diperhatikan
Baca juga: IIMS 2019 janjikan mobil listrik dan karya otomotif anak bangsa
Baca juga: Fiat kantongi izin pasarkan Ram 3500
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019