pelatihan mekanik sepeda motor yang merupakan hasil kerja sama Kemenperin dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini, ditargetkan dapat melibatkan 500 peserta
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menggelar program pelatihan mekanik sepeda motor untuk masyarakat yang terkenda dampak gempa di Sulawesi Tengah, guna menciptakan wirausaha baru di sektor reparasi sepeda motor.

“Program tersebut juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM),” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Termasuk dalam hal ini, lanjutnya, adalah peningkatan kemampuan sumber daya manusia dibidang perbengkelan.

Pelatihan mekanik sepeda motor yang merupakan hasil kerja sama Kemenperin dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini, ditargetkan dapat melibatkan 500 peserta.

Kategorinya yakni, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 150 orang, guru SMK (30 orang), pekerja bengkel tradisional (60 orang), dan mekanik binaan anggota AISI (240 orang).

Pelatihan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap pada 21 Januari - 8 Februari 2019.

Selain itu, kami tengah menyiapkan program pilot project SMK, yang bertujuan membangun satu education center sebagai showcase di salah satu SMK di Sulteng.

"Showcase yang dilengkapi peralatan perbengkelan dan modul pelatihan mekanik sepeda motor sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan teknologi terkini,” papar Putu.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019