Manado merupakan simpul paling timur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan hingga Batam dan Singapura. Hal ini menjadi salah satu upaya mengembangkan internet Indonesia menuju industri 4.0,
Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya fasilitas pusat data Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara. 

Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief pada peresmian di Manado, Kamis (17/1) mengatakan data center CentrIX dibangun untuk dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis digital, TIK dan internet tidak hanya domestik tetapi juga para pemain dunia/global. 

"Manado merupakan simpul paling timur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan hingga Batam dan Singapura. Hal ini menjadi salah satu  upaya mengembangkan internet Indonesia menuju industri 4.0," kata Abdus Somad melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut Abdus, pembangunan neuCentrIX di Manado sangat strategis karena merupakan gerbang ganda, gerbang digital ke Kawasan Indonesia Timur (KTI) melalui Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) dan juga gerbang langsung menuju Amerika Serikat melalui konsorsium South East Asia-United States (SEA-US).
 
NeuCentrIX di Manado merupakan fasilitas data center tier-2 seluas 460 meter persegi dengan ruang IT seluas 227 meter persegi. Pusat data ini terletak di lokasi strategis second gateway yang merupakan pintu konektifitas global dan menjadi agregasi jaringan nasional sehingga akan memperbaiki kendala internet berkecepatan tinggi (high speed internet/HSI) seperti latency, packet loss dan jitter ke Amerika Serikat dan untuk KTI.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin mengatakan NeuCentrIX Manado dibangun dengan memenuhi standar internasional, untuk mengakomodasi peluang pasar penyedia konten di regional. 

Menurut dia, NeuCentrIX merupakan konsep pusat data Telkom yang terbuka dan netral bagi seluruh operator dan sebagai agregasi antara network, eyeball dan content digital.

"Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya di KTI namun juga di Indonesia," ungkapnya.

Peran neuCentrIX diharapkan sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia.

Saat ini Telkom telah mengoperasikan 14 neuCentrIX di dalam dan luar negeri. Tahun ini neuCentrIX ditargetkan mencapai 30 titik di seluruh Indonesia sehingga akan menjadi fasilitas untuk ekosistem internet dan penghubung internet yang terluas dan terbesar di Indonesia. 

Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu mengakselerasi ekosistem digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia, serta dapat mewujudkan cita-cita Telkom menjadi Global Digital Hub.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019