Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen AG mengatakan pada Rabu (9/1) bahwa pihaknya telah merekrut seorang eksekutif dari perusahaan teknologi Apple.

Eksekutif tersebut akan menempati posisi sebagai direktur yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknis di divisi kendaraan komersial pabrikan otomotif asal Jerman itu, Reuters melaporkan, dikutip Kamis.

Eksekutif bernama Alexander Hitzinger yang kini berusia 47 tahun itu juga akan mengambil tanggung jawab di seluruh kelompok terkait usaha Volkswagen mengembangkan kendaraan swakemudi atau otonom yang menawarkan "Mobilitas sebagai Layanan".

Baca juga: Negara bagian Baden-Wuerttemberg, Jerman, tuntut VW atas kerugian yang ditimbulkan

Baca juga: Volkswagen akan luncurkan stasiun pengisian daya "mobile" untuk mobil listrik


Hitzinger telah mengerjakan proyek mobil listrik Apple, setelah sebelumnya bekerja di Porsche, divisi mobil sport Volkswagen.

Mundur ke belakang, insinyur kelahiran Jerman itu juga pernah memiliki pengalaman bekerja di balap Formula 1 di bawah naungan Red Bull Technology.

Penunjukan tersebut, yang segera berlaku, datang ketika Volkswagen berupaya untuk memenuhi tantangan dari perusahaan teknologi Silicon Valley yang bekerja untuk mengembangkan mobil swakemudi yang hemat bahan bakar.

Baca juga: Dieselgate belum kelar, VW terpaksa bayar Rp33 triliun tahun depan

Baca juga: Volkswagen beli mobil terhubung Volvo 122 juta dolar AS
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2019