Kita tinggal di kawasan 'ring of fire'? (cincin api), jadi tidak dapat memprediksi keadaan dan kapan bencana itu datang
Pandeglang, Banten (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita mengimbau aparat desa untuk siaga bencana, terutama bagi daerah yang berada di kawasan pesisir.

"Kita tinggal di kawasan 'ring of fire'? (cincin api), jadi tidak dapat memprediksi keadaan dan kapan bencana itu datang," kata Irna di Pandeglang, Rabu.

Ia mengatakan aparat desa harus memahami kondisi daerah ini karena bencana tidak dapat diprediksi, sehingga perlu kewaspadaan dini.

Dia mengatakan masalah tersebut pada sosialisasi mitigasi bencana bagi aparatur desa terdampak tsunami, Rabu (2/1) di shelter tsunami Kecamatan Labuan.

Menurut dia, meski saat ini "Early Warning Sistem" (EWS) telah dipasang di wilayah Teluk, tapi itu saja tidak cukup karena radius daya jangkau peringatan hanya sekitar 2 kilometer.

"Jika kita tidak berbuat apa-apa tentu sungguh naif, jadi hidupkan kembali kentongan yang berada ditempat ronda untuk saling mengingatkan warga, buat bunyi atau suara yang disepakati bahwa itu adanya bencana," katanya. 

Ia menambahkan walaupun saat ini radiusnya sudah diturunkan dari 1 kilometer menjadi 500 meter, namun warga tetap harus waspada.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan pihaknya bersama jajaran TNI akan terus membantu dan warga yang saat ini tertimpa bencana.

Indra mengatakan warga harus bangkit dan mandiri, selagi masih dapat membantu maka lakukan yang terbaik.

Mengutip Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putra mengatakan, status Anak Gunung Krakatau bahwa saat ini menunjukan penurunan aktivitas dengan status dari 1 kikometer menjadi 500 meter dari bibir pantai.

Menurut data bencana tsunami Selat Sunda menewaskan sebanyak 437 jiwa, sebanyak 14.059 korban mengalami luka-luka, 16 warga hilang dan 33.721 warga mengungsi.

Baca juga: Trauma tsunami masih dirasakan warga pesisir pantai Pandeglang

Baca juga: Pantau pengungsi, 10 kamera CCTV dipasang tim evakuasi di pesisir Pandeglang

Baca juga: Warga pesisir Pandeglang belum berani kembali ke rumah

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019