Jakarta (ANTARA News) - Mobil listrik kelas premium, Porsche Taycan, akan hadir dalam tiga varian, dengan model Turbo menjadi tipe termahal yang akan dijual di atas 130.000 dolar AS (Rp1,8 miliar).

Dilansir laman The Drive, Jumat (28/12), Taycan merupakan bagian dari rencana Porsche dalam merilis kendaraan listrik untuk masa depan, berdasarkan program Mission E yang telah diumumkan pada pertengahan 2018.

Taycan mengandung arti "kelincahan" yang diwujudkan melalui sebuah mobil sport listrik yang mampu memuat empat penumpang. Model itu masuk dapur produksi pada 2019.

Baca juga: Porsche 911 Carrera terbaru masih berbahan bakar bensin

Situs Engadget menyebut bahwa Porsche akan membuat tiga model Taycan. Pertama adalah model dasar, tipe kedua adalah model berpenggerak empat roda yang dinamai Taycan 4s, dan yang paling premium adalah Taycan Turbo sebagai model ketiga.

Yang unik adalah penggunaan nama "turbo" yang identik dalam istilah mesin bakar konvensional (combustion engine), padahal Porsche Taycan merupakan kendaraan listrik sepenuhnya.

Kendati demikian, pihak Porsche tidak menjelaskan alasan menggunakan nama turbo pada mobil listriknya, melainkan mengumumkan harga untuk tiga model Taycan.

Model Turbo lebih mahal 40ribu dolar AS ketimbang dua model lainnya yang akan dijual di kisaran harga 90ribu dolar AS (Rp1,3 miliar).

Harga tersebut dianggap tidak terlalu jauh dari pesaingnya, Tesla Model X dan S, yang rata-rata dijual mulai 80ribu dolar AS.

Baca juga: Porsche karatan ini dilelang, harganya ditaksir Rp2,2 miliar

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018