Jakarta, (ANTARA/JACX) - Dalam perbincangan melalui sejumlah platform media sosial berkembang unggahan yang menyatakan adanya ucapan dari KH Ahmad Dahlan satu abad lalu yang diklaim terkait dengan sejumlah musibah bencana alam yang terjadi di tanah air beberapa waktu terakhir ini.

Dalam unggahan itu disampaikan bahwa ucapan KH Ahmad Dahlan itu merujuk pada keterkaitan antara pemimpin dengan bencana yang terjadi di sebuah wilayah atau negara.

Petikan dari unggahan tersebut :
"Perhatikanlah alam dan bangsamu, jika disuatu bangsa yang beriman, mereka mengaku sebagai pemimpin yang baik, namun jika terjadi kerusakan akibat bencana alam yang berturut-turut, maka itu pertanda rusak pemimpin mu. Jika rusak pemimpin mu maka rusaklah tatanan masyarakat mu, mereka saling memfitnah, saling menghujat, saling mencela tak bisa terhindarkan, di saat itu Allah memberi peringatan bagimu dengan berupa musibah yang tiada henti."

Klaim : KH Ahmad Dahlan pernah berpesan mengenai bencana alam yang melanda suatu negara dikaitkan dengan kepemimpinan
Rating : Salah/ Disinformasi

Penjelasan 
Menanggapi unggahan tersebut, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ahmad Rofiq menyatakan bahwa unggahan tersebut tidak benar.

"Sepengetahuan saya selama aktif di Muhammadiyah tidak pernah mendapatkan ungkapan atau kata-kata seperti yang beredar di medsos tersebut," katanya dalam sebuah keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia menyayangkan disaat masyarakat berduka karena terjadinya musibah bencana alam, mendapatkan kabar seperti ini.

"Sungguh ini tidak sepantasnya. Bencana alam ini bagian dari sunnatullah. Tidak ada yang bisa memungkirinya. Apalagi Indonesia secara geografis sangat rentan terhadap bencana. Semuanya harus kita terima dan kita mempersiapkan diri serta saling tolong menolong terhadap para korban yang terkena bencana," katanya.

Cek fakta: TKN: Ucapan KH Ahmad Dahlan terkait bencana hoaks

 

Pewarta: Tim Jacx
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2018