Allah yang mempertemukan kami, dan Allah pula yang memisahkan kami.
Ponorogo (ANTARA News) - Vokalis band Seventeen, Riefian Fajarsyah alias Ifan mengantar jenazah istrinya, Dylan Sahara sampai masuk ke liang lahat saat penguburan di Tempat Pemakaman Umum Taman Arum, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa.

Ifan tampak sibuk dalam persiapan pemberangkatan jenazah dari rumah duka Jl Yos Sudarso, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Ponorogo. Dia mengenakan baju koko warna putih dan celana hitam.

Beberapa kali Ifan terlihat berbicara dengan sejumlah orang ketika peti jenazah masih di dalam rumah sebelum diusung ke teras. Bahkan dia juga sempat ikut mengatur penempatan untaian bunga di atas peti jenazah isterinya.

Pada saat memberikan sambutan dalam prosesi pemberangkatan jenazah, Ifan meminta para pentakziah mau memaafkan segala kesalahan istrinya semasa masih hidup.

"Innalillahi wainailaihi rojiun, telah meninggal dunia Dylan Sahara pada tanggal 22 Desember 2018. Saya mewakili almarhumah, bila almarhumah ada kesalahan, baik tutur kata maupun tingkah laku mohon dimaafkan," ujarnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pentakziah dan mengantarkannya hingga pemakaman.

Pada kesempatan tersebut, Ifan mengungkapkan bahwa pertemuan dan perpisahannya dengan istrinya atas kehendak Allah.

"Allah yang mempertemukan kami, dan Allah pula yang memisahkan kami. Sekali lagi mohon doanya, semoga almarhumah ditempatkan di sisi Allah yang paling mulia," ucapnya.

Ia berada di dalam mobil ambulans yang membawa peti jenazah istrinya menuju TPU Taman Arum, berjarak sekitar dua kilometer dari rumah duka.

Sesampai di pemakaman, Ifan segera turun ke liang kubur. Dia membantu memasukkan jenazah istrinya ke liang kubur setelah dikeluarkan dari peti jenazah.

Ketika jenazah Dylan sudah dimasukkan ke liang kubur, Ifan pun ikut mencangkul tanah beberapa kali untuk menguruk liang kubur tersebut.

Setelah menabur bunga di atas makam istrinya, dia berdoa bersama anggota keluarga yang lain. Vokalis band Seventeen itu mengakhiri doa dengan menyiramkan air kendi ke makam dan berakhir di nisan bertuliskan DYLLAN SAHARA Wafat 231218 dengan cat warna hitam.

Dia mengusapkan tangannya ke nisan itu sambil mengucapkan sesuatu.

Dylan Sahara menjadi salah seorang korban dalam bencana tsunami yang melanda Banten dan Lampung. Saat kejadian tersebut Dylan menemani Ifan yang sedang manggung bersama band Seventeen di acara gathering PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten.

Dylan sempat hilang dan akhirnya ditemukan pada hari kedua pascatsunami yang terjadi Sabtu (22/12)  malam dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga: Istri Ifan Seventeen Dylan Sahara dimakamkan hari ini
Baca juga: Ifan Seventeen mohon istrinya dimaafkan
Baca juga: Ifan Seventeen ikhlaskan kepergian sang istri

Pewarta: Louis Rika Stevani/Siswowidodo
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018