Dalam konteks peran ibu, ibu sebagai pendidik harus ikut dan mampu mengarahkan pemanfaatan teknologi itu bagi anak-anaknya,
Purwokerto (ANTARA News) - Ibu memegang peran penting dalam pemanfaatan teknologi secara positif dan konstruktif oleh anak, kata Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Edi Santoso.

"Dalam konteks peran ibu, ibu sebagai pendidik harus ikut dan mampu mengarahkan pemanfaatan teknologi itu bagi anak-anaknya," katanya di Purwokerto, Sabtu.

Dia menambahkan orang tua tidak perlu takut apalagi sampai antipenggunaan teknologi.

"Seperti teknologi digital saat ini, ini merupakan realitas zaman. Tidak perlu dilawan, tapi diarahkan," katanya.

Dia juga mengingatkan agar orang tua, khususnya ibu, terus menumbuhkan daya imun pada anak dari kemungkinan paparan konten negatif internet dan media sosial, melalui pembentukan karakter.

"Selain itu, tumbuhkan daya imun anak dengan cara mendampingi mereka dalam pemanfaatan teknologi itu," katanya.

Interaksi antara anak, orang tua, dan teknologi, kata dia, sekaligus bisa menjadi kesempatan yang positif untuk menumbuhkan literasi media.

"Momen untuk menumbuhkan pemahaman tentang realitas media secara konstruktif bagi anak-anak. Misal ketika membuat konten vlog, anak disadarkan, beginilah media diciptakan. Ada peristiwa, fenomena, yang oleh jurnalis kemudian ditulis atau divideokan menjadi sebuah berita yang disebarluaskan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, pada saatnya nanti, akan terbangun kesadaran dalam diri anak, bahwa realitas dan berita itu dua hal yang berbeda.

"Anak jadinya tak mudah terprovokasi oleh isi media. Mereka akan jadi khalayak yang rasional," katanya.

Baca juga: Ayah di rumah, ibu bekerja di luar rumah, mengapa tidak?
Baca juga: Presiden Jokowi: Ibu adalah sekolah utama bagi anak

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018