Jakarta (ANTARA News) - Selain bebek dan skuter, sepeda motor jenis sport juga masih memiliki pangsa pasar tersendiri di Indonesia.

Oleh karenanya, para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor di 2018 terus menghadirkan motor sport model terbaru.

Motor sport jenis naked sport dan fairing sport masih menjadi yang dominan, meski model adventure juga diluncurkan pada tahun ini. Berikut telah Antara rangkum deretan motor sport terbaru yang mengaspal di 2018.

1. All New Honda CB150 Verza
Model berpose di samping sepeda motor 'naked sport' terbaru All New Honda CB150 Verza usai peluncurannya di Gedung Pusat Niaga, Kemayoran, Selasa (20/2). All New Honda CB150 Verza disuguhkan dengan konsep tangguh dan maskulin namun tetap kompak untuk penggunaan sehari-hari. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)


Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda CB150 Verza pada 20 Februari.Motor dengan model naked sport tersebut menawarkan kesan gagah dengan berbagai fitur baru.

All New Honda CB150 Verza, yang merupakan generasi kedua dari Honda Verza, tetap mengusung mesin 150cc berpendingin udara yang menghasilkan konsumsi bahan bakar 46.3 km/liter (EURO 2) dan 43.5 km/liter (EURO 3) berdasarkan hasil metode ECE R40. 

Kendaraan ini juga didukung SOHC, Silinder Tunggal, 5-Kecepatan yang menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI yang sudah diimprovisasi. 

All New Honda CB150 Verza tersedia dalam dua tipe, Cast Wheel dan Spoke Wheel. Tipe Cast Wheel hadir dengan pilihan warna Masculine Black, Bold Red, dan Macho Silver. Sementara tipe Spoke Wheel hadir dengan warna Masculine Black. 

Produk itu mulai tersedia akhir Februari dengan harga OTR tipe Cast Wheel Rp19.950.000 dan Spoke Wheel Rp19.300.000. 

2. New Honda CB150R StreetFire 
 
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Honda CB150R StreetFire dengan desain baru dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (13/7/2018). (ANTARA News/Arindra Meodia)


Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Honda CB150R StreetFire dengan desain baru untuk para pecinta motor naked sport pada 13 Juli 2018.

Motor ini hadir dengan desain baru pada selubung yang memberikan kesan big bike pada model ini, bodi samping, rear cowl, wavy disc brake, serta pijakan kaki aluminium. Disematkan pula posisi stang baru pada motor sport terbaru Honda ini.

Bagi pecinta New Honda CB150R StreetFire tipe Special Edition (SE), AHM memberikan sentuhan berbeda yang lebih maskulin melalui desain undercowl baru.

New Honda CB150R StreetFire dibekali mesin 150 cc, DOHC empat katup, enam kecepatan, berpendingin cairan (liquid-cooled). Akselerasi yang dihasilkan diklaim mampu mencapai 10,5 detik (0-200m).

New Honda CB150R StreetFire Special Edition hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Honda Racing Red, warna baru Fury Mat Red, dan Raptor Mat Black yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Rp27.850.000.

Sementara itu, New Honda CB150R StreetFire tipe Standar hadir dengan dua warna yakni Wild Black dan Macho Black yang dipasarkan dengan harga OTR Jakarta Rp26.750.000.

3. New Honda CBR250RR 
 
PT Astra Honda Motor (AHM) merilis varian baru New Honda CBR250RR dengan tampilan khusus bagi pecinta motor sport dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Jumat (13/7/2018). (ANTARA News/Arindra Meodia)


PT Astra Honda Motor (AHM) di tanggal 13 Juli juga meluncurkan varian baru New Honda CBR250RR dengan tampilan khusus bagi pecinta motor sport.

New Honda CBR250RR kini memiliki dua varian warna baru yaitu Black Freedomyang didominasi warna hitam mengkilat, dan Bravery Mat Red yang tampil mencolok dengan warna merah.

New Honda CBR250RR dikembangkan dengan konsep kendali sepenuhnya. Model premium New Honda CBR250RR disebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 28.5 kW (38.7 PS)/12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 23.3 Nm (2.4 kgf.m)/11.000 rpm berkat penyematan mesin 250 cc pendingin cairan empat langkah DOHC 8 katup, silinder kembar sejajar.

New Honda CBR250RR Black Freedom tipe standar dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp59.900.000.

Varian ini melengkapi pilihan warna lainnya Bravery Mat Red dan Mat Gunpowder Black Metallic yang dipasarkan OTR DKI Jakarta Rp64.725.000 untuk tipe STD (standar) dan Rp70.725.000 untuk tipe ABS.

Sementara itu untuk Honda Racing Red dipasarkan dengan harga OTR DKI Jakarta Rp65.325.000 untuk tipe STD, dan Rp71.325.000 untuk tipe ABS.

4. Suzuki Bandit GSX150
 
Suzuki GSX150 Bandit diabadikan di Jakarta, Kamis 6/9/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan sepeda motor tipe naked sport, Suzuki Bandit GSX150, pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, di ICE-BSD-City, Tangerang, Banten, awal Agustus.

Sepeda motor jenis naked sport ini menggunakan mesin 150cc DOHC fuel injection dengan liquid cooled. Mesin tersebut telah digunakan pada Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang sudah diluncurkan sebelumnya.

Salah satu pengembangan dari pabrikan berlogo hurup S itu terhadap Bandit adalah mendesain ukuran jok yang lebih panjang dan lebar guna memberikan kenyamanan kepada pengendara.

Motor ini hadir dengan empat pilihan warna, yaitu Titanium Black, Brilliant White Aura Yellow, Mettalic Matt Titanium Silverdan Stronger Red Titanium Black. Adapun terkait harga, motor ini dibanderol pada kisaran Rp26 jutaan.

5. Yamaha R25 
 
Yamaha R25 (ANTARA News/Chairul Rohman)


Yamaha merilis sepeda motor sport R25 (YZF-R25) generasi terbaru secara global di Indonesia dalam acara bertajuk R1 20th Anniversary "We Are R" di Grand Mercure, Jakarta Kamis, 11 Oktober.

Peluncuran motor terbaru Yamaha ini sekaligus merayakan 20 tahun kiprah Yamaha R1 yang telah mengaspal di berbagai belahan dunia dan turut menginspirasi lahirnya keluarga Yamaha "seri R".

Yamaha R25 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertema "Super Sport Desain" yang terinspirasi YZR-M1. Desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Lampu depan dan belakang sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Bagian kokpit didesain menyerupai Yamaha R1, mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang "under yoke" dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

Suspensi Up Side Down tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara.

Yamaha R25 dibanderol Rp 58,6 juta untuk tipe yang biasa dan Rp 58,95 juta untuk tipe Movistar Livery, berstatus on the road DKI Jakarta.

6. Honda Gold Wing

Pada 20 April, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memasarkan Honda Gold Wing guna memenuhi kebutuhan para konsumen premium yang membutuhkan motor berjenis turing dengan performa dan kenyamanan tinggi serta didukung layanan prima yang tersedia di seluruh jaringan Honda Big Wing.

Honda Gold Wing masuk ke pasar Indonesia dengan dua pilihan warna, merah dan putih, dengan harga Rp 1.010.000.000 berstatus on the road DKI Jakarta dan tersedia di 11 showroom Bog Wing Honda di sembilan kota besar di Indonesia.

Honda Gold Wing memiliki karakter yang lebih sporty terlihat melalui bentuk body yang lebih tajam, serta meningkatkan efisiensi aerodinamika secara signifikan.

Motor ini hadir dengan sejumlah fitur, di antaranya sistem throttle-by-wire (TBW) dengan 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, sistem cruise-control yang dapat diatur untuk kenyamanan maksimal. Honda Smart Key System, dan DC Socket untuk power charger & penghubung dengan fitur Apple CarPlay™.

Baca juga: Deretan motor matik yang diluncurkan sepanjang 2018

Baca juga: Deretan motor custom publik figur sepanjang 2018
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018