Kendal, Jawa Tengah (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo berbagi cerita dan pengalamannya menjajal jalan tol trans-Jawa setelah mencoba jalur tol itu dari Surabaya (Jawa Timur) hingga Jembatan Kali Kuto di Kendal, Jawa Tengah, Kamis.

"Mulus ketika tidur, sebentar-sebentar tidur," kata Jokowi kepada wartawan di Jembatan Kali Kuto, jalan tol trans-Jawa di wilayah Kendal.

Saking mulusnya jalan tol, Jokowi mengaku sebentar-sebentar mengantuk saat mencoba jalur jalan tersebut, dan mewanti-wanti para pengendara berhati-hati saat mengemudi melintasi jalan tol trans-Jawa.

"Ini artinya justru hati-hati jangan sampai sopir terlalu cepat menjalankan mobilnya sehingga berbahaya bagi keselamatan penumpang, yang penting itu saja," katanya.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo naik bus yang melaju dengan kecepatan 90 sampai 100 kilometer per jam di jalan tol trans-Jawa. Sepanjang perjalanan itu Presiden mengaku tidak merasakan gangguan apapun.

"Kecepatan 90-100 kilometer per jam tidak terasa sama sekali. Saya lihat mungkin mobil-mobil pribadi akan berjalan lebih cepat dari itu. Jadi hati-hati," katanya.

Dengan menggunakan lima bus, Presiden dan rombongan serta anak-anak muda dan para pekerja yang ikut membangun jalan tol menempuh perjalanan sejauh 349 kilometer dari Surabaya hingga Kali Kuto untuk mencoba jalan tol.

Presiden mengatakan pengoperasian jalan tol trans-Jawa merupakan sejarah baru transportasi Indonesia.

"Sejarah baru transportasi Indonesia, karena sudah tersambung dari Merak sampai di Grati, di Pasuruan. Dari Jakarta ke Surabaya. Sehingga, kita harapkan dampak dari selesainya Jakarta-Surabaya, Merak-Grati, betul-betul memiliki dampak ekonomi yang baik terhadap kita semua," katanya.

Setelah peresmian, Presiden mengatakan bahwa jalan tol langsung bisa digunakan. "Sekarang langsung bisa dipakai," katanya.

Ia juga melepas ekspedisi tol trans-Jawa dengan membentangkan bendera start ke truk dan mobil yang mengangkut logistik melintasi Pulau Jawa.

Sebelum meninggalkan tempat peresmian didampingi sejumlah pejabat, Presiden berjalan kaki di sepanjang Jembatan Kali Kuto menuju bus dan sempat beberapa kali melayani permintaan swafoto dari para pekerja proyek yang ikut membangun tol trans-Jawa.

Presiden kemudian melanjutkan perjalanan menuju Rest Area 391 A yang berada tidak jauh dari Jembatan Kali Kuto.

Baca juga: Empat ruas tol di Jawa Timur diresmikan, pembangunan Trans Jawa tuntas
Baca juga: Jokowi ingatkan pengendara di Tol Trans-Jawa berhati-hati karena jalan terlalu mulus

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018