Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah mobil terbaru dari berbagai segmen telah diperkenalkan para agen pemegang merek otomotif di Indonesia sepanjang 2018.

Terdapat dua model yang menjadi sorotan karena menggelar peluncuran perdana atau world premier pada dua pameran otomotif, yakni Suzuki All New Ertiga pada IIMS 2018 dan All New Honda Brio pada GIIAS di tahun yang sama.

Selain dua model itu, pabrikan lainnya dari Jepang, China hingga Amerika juga meluncurkan model-model baru dari berbagai segmen, mulai City Car hingga SUV kelas menengah. Berikut ulasannya:

Si Kembar Rush - Terios

Meski modelnya sudah diperkenalkan akhir 2017, namun Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor baru mengumumkan harga resmi Rush dan Terios yang berstatus "All New" pada 3 Januari 2018.

Dua SUV bertampang kembar itu membuka sederet peluncuran mobil sepanjang 2018. Toyota memasarkan Rush dengan rentang harga Rp240 juta sampai Rp263 juta, sedangkan Daihatsu memecah Terios menjadi sembilan varian dengan rentang harga Rp197juta sampai Rp251 juta.
Toyota All News Rush


Datsun Cross

Pertengahan Januari 2018 menjadi hari spesial bagi Datsun di Indonesia menyusul peluncuran berstatus world premiere untuk produk compact crossover, Datsun Cross, yang dijual Rp161,5 juta hingga Rp173,9 juta.

Mobil ini memakai mesin bensin 1.200cc dan menawarkan transmisi otomatis berteknologi X-Tronic CVT (continuously variable transmission) guna menyerap keinginan konsumen Datsun di Tanah Air.
 
Presiden Direktur NMI, Eiichi Koito, memperkenalkan Datsun Cross. (ANTARA News/Alviansyah)


Wuling Cortez

Pada Februari 2018, Wuling Motors Indonesia mengumumkan harga resmi kendaraan penumpang segmen menengah (Medium MPV) Wuling Cortez yang dijual mulai Rp218 juta untuk tipe terendah hingga Rp264 juta untuk varian tertinggi.

Pesaing Toyota Kijang Innova itu ditawarkan dalam opsi transmisi otomatis Intelligent Automated Mechanical Transmission (i-AMT) yang diklaim lebih ekonomis untuk konsumen.
 
Wuling Cortez di Panorama Umbul Sidomukti. (ANTARA News/Alviansyah)


Toyota New Yaris

Toyota Astra Motor memperkenalkan New Yaris berpenampilan serba baru, dengan rentang harga mulai Rp235,4 juta hingga Rp275,9 juta untuk varian tertinggi.

Kompetitor Honda Jazz ini hadir dalam 3 grade, yaitu TRD Sportivo, G, dan E masing-masing dengan transmisi otomatis (CVT) dan Manual 5-speed (MT).

New Yaris hadir dengan fitur keselamatan lengkap antara lain 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).
 
Toyota New Yaris terpajang di IIMS 2018. (ANTARA News/Alviansyah)


Toyota New Vios

Toyota Indonesia memperkenalkan wajah baru sedan Vios menjelang pameran International Motor Show (IIMS) 2018, yang dijual dengan rentang harga Rp303 juta hingga Rp324 juta.

Jika sebelumnya, Toyota menyediakan model Vios berspesifikasi dasar untuk kebutuhan taksi dengan nama Limo, maka Vios untuk penggunaan pribadi tersedia dengan perbedaan eksterior dan interior yang jauh lebih lengkap. Hingga saat ini, New Vios belum dijual untuk perusahaan taksi.
 
Toyota All New Vios terpajang di IIMS 2018. (ANTARA News/Alviansyah)


Toyota C-HR

Toyota Astra Motor membawa kendaraan berkonsep Coupe dan SUV, All New C-HR, yang dipasarkan dengan harga mulai Rp488,5 juta, pada April 2018.

C-HR yang merupakan kependekan dari "Compact High Rider", menawarkan pengalaman mengemudi yang menyenangkan bagi konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke atas.

Toyota C-HR menjadi model pertama ber-platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang dipasarkan di Indonesia. TNGA merupakan platform masa depan Toyota yang sudah digunakan pada Prius dan C-HR untuk menawarkan kualitas mengemudi yang lebih baik.
Toyota All New C-HR sebelum diuji wartawan di Ancol, Jakarta Utara, Kamis. (ANTARA News/Alviansyah)


Suzuki All New Ertiga

Masih dalam pameran IIMS, April 2018, PT Suzuki Indomobil Motor meluncurkan MPV tujuh penumpang All-new Ertiga yang hadir dengan tampilan serba baru dan ukuran body lebih besar dari pendahulunya.

Suzuki menjual Ertiga dengan rentang harga mulai Rp193 juta untuk tipe terendah (GA) hingga Rp238,5 untuk tipe tertinggi (GX) ESP.
Suzuki All New Ertiga model 2018 diluncurkan di IIMS, Kamis (19/4/18). (ANTARA News/Alviansyah)


New Honda BR-V

PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa New Honda BR-V dengan sejumlah penyegaran pada bagian eksterior dan interior, pada IIMS 2018.

New Honda BR-V dijual mulai Rp236,5 juta untuk tipe S/MT, Rp247,5 juta untuk tipe E/MT, Rp257,5 juta untuk tipe E CVT dan Rp272,5 juta untuk tipe E Prestige.
Honda BR-V terbaru terpajang di IIMS 2018. (ANTARA News/Alviansyah)


Mitsubishi Triton Athlete

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengenalkan New Triton Athlete pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS), April 2018.

Mitsubishi menyediakan pilihan transmisi otomatis maupun manual untuk Triton Athlete yang hadir dengan warna White Pearl tersebut. Athlete bertransmisi otomatis ditawarkan Rp445 juta, sedangkan transmisi manual Rp431 juta.
Sporty Black Grille Mitsubishi Triton Athlete. (ANTARA News/Gilang Galiartha)


Datsun GO

Beranjak ke bulan Mei, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan dua produk terbaru untuk submerek Datsun antara lain Go dan Go+.

Perubahan paling signifikan guna mendorong penjualan Datsun ialah kehadiran transmisi otomatis berteknologi X-Tronic continuous vehicle transmission (CVT) di tiga varian Datsun Go terbaru.

Ketiga varian bertransmisi X-Tronic CVT tersebut tak masuk dalam skema harga mobil LCGC, masing-masing ditawarkan seharga Rp126,49 juta untuk Datsun Go varian A, Rp138,49 juta (T) dan Rp142,19 juta (Active).
 
Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito (kanan) dan Head of Datsun Indonesia Masato Nakamura mengapit unit Datsun Go terbaru yang diluncurkan di Jakarta, Senin (7/5/2018). (ANTARA News/Gilang Galiartha)


Kia Grand Sedona Diesel

Pabrikan Korea Selatan, Kia, membawa Grand Sedona bermesin diesel pada Juli 2018. Mobil keluarga di kelas premium ini mampu memuat hingga 11 orang penumpang.

Grand Sedona Diesel hadir dalam delapan pilihan warna dan dijual Rp595 juta.
Kia Grand Sedona Diesel di kawasan Pluit, Jakarta Utara. (ANTARA News/Alviansyah P)


All New Honda Brio

Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan generasi kedua Honda Brio untuk pertama kalinya di dunia (world premiere) pada pameran GIIAS, Agustus 2018.

Honda Brio terbaru dibagi dalam 5 varian. All New Honda Brio Satya S M/T ditawarkan Rp139 juta, Brio Satya E M/T Rp147,5 juta, Brio Satya E CVT Rp162,5 juta. All New Honda Brio RS M/T Rp175 juta dan tipe RS CVT menjadi yang termahal Rp190 juta.
All New Honda Brio di GIIAS 2018. (ANTARA News/Alviansyah)


Datsun GO-Live

Datsun mengenalkan GO-Live special version dalam edisi terbatas pada Agustus 2018, guna menggaet konsumen yang menginginkan sebuah produk city car dengan model yang eksklusif.

Mobil yang menggunakan basis Datsun GO varian tertinggi ini dijual Rp134,4 juta untuk tipe bertransmisi manual dan Rp 149,9 juta pada varian CVT.
Datsun Go Live terpajang di GIIAS 2018. (ANTARA News/Alviansyah P)


Nissan Terra

Nissan Terra merupakan SUV berukuran besar yang menjadi penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia.

Diluncurkan pada Agustus 2018, Nissan Terra dibanderol dengan harga mulai Rp 460juta dan proses pengiriman akan dimulai pada kuartal ketiga tahun fiskal 2018.

Dilengkapi fitur Nissan Intelligent Mobility, Terra memastikan pengalaman berkendara yang seru dan aman karena memiliki Intelligent Rear View Mirror, sehingga pengendara dapat melihat tanpa halangan melalui monitor LCD.
Nissan Terra dipamerkan di Plaza Indonesia, Jumat (21/9). (ANTARA News/Alviansyah P)


Chevrolet Spark

Tidak mau ketinggalan, pabrikan mobil Amerika, Chevrolet meluncurkan city car New Spark pada Agustus 2018 guna menarik minat konsumen dari kalangan muda.

Spark terbaru yang berhadapan dengan Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, hingga Honda Brio di kelas hatchback dijual dengan harga Rp 198juta.
Chevrolet meluncurkan city car New Spark pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten. (ANTARA News/Alviansyah P)


Honda HR-V

Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan model terbaru dari Honda HR-V pada Agustus 2018, hadir dengan tampilan yang semakin tangguh, fitur lebih lengkap serta sebuah varian baru yang menawarkan nilai lebih bagi konsumen.

New Honda HR-V tersedia dalam 4 varian, dijual dengan harga Rp279,5 juta untuk HR-V 1.5L S M/T, New Honda HR-V 1.5L S CVT Rp 289,5 juta, New Honda HR-V 1.5L E CVT Rp 312,5 juta, New Honda HR-V1.5L E Special Edition CVT Rp 329,5 juta dan New Honda HR-V 1.8L Prestige CVT Rp 395 juta.
New Honda HR-V 1.5L Special Edition CVT (ANTARA News/Alviansyah P)



Wuling Formo

Pada November 2018, Wuling Motors merambah segmen Light Commercial Vehicle (LCV) dengan meluncurkan Wuling Formo. Mobil komersial pertama dari perusahaan otomotif asal China tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari Rp135,8 juta.

Wuling Formo hadir dalam dua varian, yaitu minibus dan blindvan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada fungsi, di mana varian minibus diperuntukkan sebagai kendaraan komersial pengangkut penumpang, dengan pilihan tujuh dan delapan tempat duduk.

Selain model-model di atas, sejumlah merek seperti BMW, Mercedes Benz, Jeep, hingga Lexus turut meramaikan pasar kendaraan di kelas premium.
Wuling Formo ditampilkan dalam pameran di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Rabu 7/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)

Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018