Jakarta (2018) - Sepeda motor jenis matik masih menjadi primadona di tahun 2018, terlebih dengan semakin digandrunginya motor matik tipe "bongsor" membuat persaingan sepeda motor di segmen ini semakin kompetitif.

Antara telah merangkum deretan sepeda motor matik yang diluncurkan oleh para agen tunggal pemegang merek (ATPM) di sepanjang tahun ini.  

1. Yamaha Lexi
 
Yamaha Lexi (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)


Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan Lexi pada 26 Januari. Motor berjuluk "Si Seksi" ini hadir sebagai pelengkap keluarga MAXI Yamaha Yang telah hadir sebelumnya, antara lain TMAX, XMAX, NMAX dan AEROX155.

Motor ini dibekali sejumlah fitur, di antaranya Smart Key System, Immobilizer dan Answer Back System. Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125cc LC4V dengan teknologi Variable Valve  Actuation yang membuat torsi merata pada tiap putaran mesin. 

Saat diluncurkan sepeda motor ini dibanderol dengan harga Rp 19.950.000 untuk tipe biasa dan Rp 22.800.000 untuk varian tertinggi Yamaha Lexi-S dengan status on the road DKI Jakarta.
 
Honda PCX Hybrid. (ANTARA News/Alviansyah)


2. All New Honda PCX Hybrid

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan All New PCX Hybrid sebagai kendaraan roda dua berteknologi hybrid pertama di dunia, pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 19 April.

Sepeda motor skuter otomatic (skutik) kelas premium ini diproduksi di pabrik AHM di Indonesia dan dijual dengan harga berkisar Rp40 jutaan.

Honda PCX Hybrid hadir dengan desain mewah dan elegan dengan warna Hybrid Blue dan tambahan logo Hybrid di sisi bodi kendaraan. Skutik ini menggunakan tipe ABS dan dilengkapi fitur full digital panel meter dengan tampilan canggih dan informatif dengan adanya pilihan mode berkendara, level dan indikator baterai.

Motor berkapasitas mesin 150 cc ini juga memiliki kapasitas tangki BBM sebesar 8 liter dengan seat stopper.

3. Yamaha TMAX DX
 
Yamaha TMAX DX skutik premium seharga Rp 300 jutaan (ANTARA News/HO/YIMM)

Pada 26 Maret, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan sepeda motor jenis sport commuter bermesin 530 cc, Yamaha TMAX DX, seharga Rp299,9 juta yang diimpor utuh (completely built-up/CBU) dari Jepang.

Yamaha TMAX DX baru masuk ke pasar Indonesia pada tahun ini kendati telah dirilis untuk pasar Eropa sejak Maret 2017. Kendati dibanderol dengan harga hampir Rp300 juta, pihak Yamaha Indonesia menyebutkan Yamaha TMAX DX sudah dipesan oleh 40 orang.

Yamaha TMAX DX dikembangkan berdasarkan konsep "Master of Scooter" karena skutik pertama dari Yamaha yang menggunakan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle).

TMAX DX mengalami perubahan pada kerangka bodi yang lebih ringan, performa yang lebih baik, pengalaman berkendara, serta kenyamanan yang maksimal.

4. All New Vario 150 dan 125
 
Model berada di atas sepeda motor All New Honda Vario 125 saat diluncurkan di Jakarta, Senin (16/4/2018). PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan model All New Honda Vario 150 dan 125 dengan desain dan fitur terbaru yang lebih canggih yang dipasarkan dengan harga Rp22,5 juta untuk 150 cc dan Rp19,1 juta tipe 125 cc CBS dan Rp19,9 juta untuk tipe 125 cc CBS ISS. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model baru All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 dengan desain serta beragam fitur terbaru yang lebih canggih dan sporty pada 16 April.

All New Vario 150 hadir dengan sejumlah fitur anyar, seperti full digital panel meter dengan multi informasi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. 

Sementara All New Vario 125 dibekali fitur baru seperti full digital panel meter dengan multi informasi dan lampu LED pada semua sistem pencahayaan. Varian CBS-ISS pada model ini juga dilengkapi dengan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan.

5. Suzuki Nex II
 
Model berpose di atas Suzuki Nex II di Sentul, Jawa Barat. (ANTARA News/Alviansyah)

Suzuki pada tahun ini juga menghadirkan line up sepeda motor matic lewat Suzuki Nex II. Motor yang diperkenalkan pada 24 April ini menyasar segmen entry-level dan dibanderol mulai harga Rp13,95 juta sampai Rp14,65 juta.

Nex II tipe Standard dijual Rp13,95 juta berstatus on the road Jabodetabek dengan pilihan warna Brilliant White, Stronger Red, dan Titan Black. Harga yang sama juga diberlakukan pada Nex II tipe Elegant dengan pilihan warna Mat Stellar Blue dan Solid Black.

Tipe Elegant Premium dijual Rp 14,4 juta (OTR Jabodetabek) dengan kelengkapan fitur LED Headlight, USB Charger, Floorboard Guard dan Cover Muffler serta pilihan warna Mat Stellar Blue dan Solid Black.

Nex generasi kedua Nex tipe Fancy Dynamic dibanderol harga Rp14,65 juta (OTR Jabodetabek) dengan fitur LED Headlight, USB Charger, Dynamic Body Striping Set, LED Lamp Line dan Rim Decal dengan tiga pilihan warna Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black.

Adapun Nex II tipe Sporty Runner juga dijual Rp 14,65juta dengan kelengkapan fitur LED Headlight, USB Charger, Sporty Body Striping Set, Meter Visor, Cover Muffler+Hole dan Rim Decal, yang tersedian dalam warna Brilliant White, Stronger Red dan Titan Black.

6. Honda Forza
 
Sejumlah pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 sedang mengamati skutik besar Honda Forza yang diluncurkan di Tangerang, Banten, Kamis. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)


Honda Forza mulai diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada awal Agustus lalu. Skutik besar yang diimpor dari Thailand itu dibanderol dengan kisaran harga Rp70 jutaan.

Honda Forza merupakan sepeda motor ikonik yang mewah dan sporty, serta berteknologi tinggi dengan posisi duduk yang nyaman dikendarai.

Sepeda motor itu  dilengkapi kombinasi digital panelmeter yang memiliki informasi lengkap seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM. 

Model global skutik besar Honda ini mengusung mesin berperforma tinggi di kelasnya 250cc SOHC liquid cooled PGM FI dengan tenaga maksimum 17,3 kW/7500 rpm.

 
Yamaha Freego saat ditampilkan pada test ride di Sentul, Bogor Jwa Barat (8/11/2018) (ANTARA News/Chairul Rohman)


7. Yamaha FreeGo

Memasuki akhir tahun, atau tepatnya pada 31 Oktober, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan produk sepeda motor matic terbarunya yaitu, Yamaha FreeGo.

FreeGo hadir dalam tiga tipe pilihan yakni Freego Standard yang dijual dengan harga Rp18.500.000, FreeGo S yang dibanderol Rp19.700.000 dan FreeGo ABS yang ditawarkan dengan harga Rp22.500.000. 

Sama seperti motor matik anyar Yamaha lainnya, FreeGo juga dibekali sejumlah fitur canggih seperti Electric Power Socket, Smart Front Refuel, Smart Key System, Antilock Brake System dan Smart Motor Generator.

8. Peugeot Speedfight
 
Peugeot Speedfight 2 (Wikimedia Commons)

Pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang dihelat pada akhir Oktober, pabrikan otomotif Puegeot memperkenalkan motor matik terbarunya untuk pasar Indonesia bernama Speedfight.

Skutik premium itu ditawarkan dengan kisaran harga Rp39 jutaan. Peugeot Speedfight dibekali mesin 125 cc dengan pendingin liquid serta sistem pengereman Syncro Brake Concept. Motor ini hadir dengan dua pilihan, yakni tipe standar dan tiper R-Cup.

Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018