Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jumain Appe mengatakan media berperan penting menggelorakan informasi mengenai inovasi atau hasil pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)  kepada masyarakat luas. 

"Kita menyadari pentingnya informasi inovasi ini untuk menggelorakan inovasi kita ke depan. Kalau tidak terekspos kepada masyarakat, kepada pengambil kebijakan, industriawan, pelaku usaha, kita tidak bisa memaparkan hasil inovasi dengan baik," kata Jumain di Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa malam. 

Jumain menuturkan pengenalan terkait inovasi yang dihasilkan dan dikembangkan tidak bisa terpisahkan dari dukungan arus informasi. Oleh karena itu, kemitraan antara pemerintah, penghasil inovasi dan teknologi dengan media adalah penting.

"Inovasi ini bisa menjadi suatu yang membuat kita bisa berkembang dan tentunya era sekarang kan era informasi yang kita tahu berbagai media sebagai alat untuk menyampaikan," tuturnya.

Jumain mengatakan dengan pengembangan riset dan teknologi dapat mendorong produktivitas untuk mendorong negara Indonesia menjadi maju.

"Tidak bisa berhasil maju kalau tidak ada aliran informasi dari penghasil iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), pengguna iptek industri dan pemerintah sebagai fasilitator dan pemanfaat iptek," ujarnya. 

Menurut dia, semua inovasi yang dihasilkan dan dikembangkan inovasi itu adalah suatu solusi permasalahan.

Dia berharap media akan aktif mengemas informasi inovasi dan teknologi untuk menjadi bacaan yang diminati masyarakat luas. 

Dia mengatakan informasi tentang iptek sangat terbatas karena informasinya kadang kala sangat ilmiah dan orang tidak tertarik membacanya.

"Bagaimana sebenarnya hasil iptek, inovasi bisa menjadi suatu berita yang sangat populer yang kira-kira menjawab isu-isu penting yang terjadi di masyarakat, di dunia pemerintahan dan dunia politik," ujarnya. 

Baca juga: Kemristekdikti dorong penguatan inovasi daerah
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018