Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Kehutanan (Sudin) Kehutanan Jakarta Timur mengintensifkan pemangkasan pohon sebagai antisipasi memasuki musim hujan.

Kepala Seksi Kehutanan Sudin Kehutanan Jakarta Timur, Herbert Nainggolan, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, mengatakan upaya ini untuk mencegah banyaknya pohon tumbang saat musim hujan karena kerap disertai angin kencang.

"Sasaran utama untuk pemangkasan pohon itu, adalah yang berada di jalur lintasan kendaraan baik di jalan lingkungan, jalan penghubung maupun jalan protokol," kata Herbert.

Sudin Kehutanan Jakarta Timur mengatakan pihaknya telah memangkas sebanyak 12.032 pohon selama Januari hingga awal Desember 2018.

"Sejak Januari hingga Desember ini sudah ada 12.032 pohon yang dipangkas di Jakarta Timur," ujar Herbert.

Menurutnya, selain melakukan pemangkasan, pihaknya melakukan penanganan terhadap 196 pohon yang tumbang di periode yang sama. Pemangkasan pohon paling banyak dilakukan di Kecamatan Pulogadung, Duren Sawit, Cakung dan Cipayung.

"Kami imbau warga untuk tetap waspada. Saat hujan deras disertai angin kencang, hendaknya hindari dan jangan berteduh di bawah pohon," tuturnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018