Jakarta (ANTARA News) - Meskipun belum ada pengumuman resmi dari agen pemegang merek (APM) Toyota dan Daihatsu di Indonesia, namun kehadiran mobil baru dari model "saudara kembar" itu santer terdengar.

Sejumlah tenaga penjual dari beberapa diler Toyota dan Daihatsu di Jabodetabek pun menyatakan sedang menunggu model terbaru dari mobil keluarga serbaguna (Low MPV) yang sudah mengaspal di Tanah Air sejak 2003 itu.

"Awal tahun Pak, dengar-dengar ada Avanza baru. Kami juga masih menunggu. Jujur saja, kami belum lihat modelnya seperti apa jadi belum bisa kasih gambaran," kata seorang tenaga penjual dari Diler Toyota di kawasan Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Tenaga penjual dari sebuah diler Daihatsu di Jakarta juga mengatakan "kemungkinan awal tahun ini", ketika ditanya soal Xenia terbaru.

Sejumlah tenaga penjual menyatakan sudah banyak calon konsumen yang menanyakan soal Avanza model baru.

"Karena ada kabar mau ada yang baru. Mereka jadi menunggu. Siap menunda beli mobil untuk lihat yang baru," kata tenaga penjual itu.

"Saya mau pesan, mungkin Avanza atau model lain, tapi penasaran sama model barunya. Bingung, mau tunggu apa bagaimana," kata Yuliana, calon konsumen di sebuah diler Toyota di Bogor.

Baca juga: Daftar MPV bekas harga di bawah Rp 100 juta
 
Avanza Limited (ANTARA News/Try Reza Essra)


Lantas apakah model baru itu sudah bisa dipesan? Seorang tenaga penjual dari diler Toyota lainnya di Jakarta mengatakan, "Bisa kalau mau pesan. Saya catat dahulu."

"Tapi saya tidak bisa janjikan apa-apa soal modelnya nanti seperti apa. Kalau Bapak yakin, bisa pesan, tapi untuk selanjutnya tunggu pengumuman resmi. Saya akan hubungi kalau Bapak serius," katanya.

Sedangkan seorang penaga penjual Daihatsu di Jakarta menyatakan, "Kami belum bisa, belum ada harganya. Mungkin Bapak bisa isi data dahulu, nanti kami telepon."

Jika Avanza-Xenia benar-benar meluncur tahun depan, pasar Low MPV akan semakin ramai untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, hingga Wuling Confero.

Baca juga: Toyota optimistis pertahankan pangsa pasar 34 persen

Saat ini Toyota Avanza memakai dua jenis mesin 1NR-FE untuk tipe 1.300cc dan 2NR-FE untuk 1.500cc. Hingga saat ini belum ada informasi apakah mobil itu akan tetap menggunakan mesin terdahulu, atau menggunakan mesin terbaru.

Soal harga dan model terbaru, sejumlah tenaga penjual pun menyatakan hal yang simpang siur. Ada yang mengatakan harganya tidak naik dari model lama, tapi ada juga yang menyatakan akan naik tapi sedikit.

Namun para tenaga penjual itu mengklaim model Avanza-Xenia terbaru akan mengusung desain yang "kekinian", ada yang mengatakan bertampang lebih sporty mirip Rush terbaru, namun ada juga yang bilang akan terlihat lebih premium karena penambahan fitur.

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018